Daftar Sayuran Penunjang Antioksidan

Belakangan banyak media iklan yang menayangkan makanan yang kaya antioksidan. Bahkan, bukan hanya makanan, beragam minuman hingga suplemen banyak pula yang menggunakan embel-embel antioksidan. Lantas, apa sumber antioksidan sebenarnya? Menurut Budi Utomo, S.Pd., sumber utama antioksidan yang paling utama adalah sayuran dan juga buah-buahan. Untuk sayuran, lebih detil Budi menjelaskan daftarnya berikut ini.

Tomat

Meski berbentuk buah, tomat lazim dikelompokkan ke dalam sayuran. Fungsinya yang banyak digunakan untuk pelengkap masakan membuat buah berair ini lebih kondang di dapur menu utama. Terlepas dari sebutannya sebagai sayuran, tomat memiliki kandungan zat khusus yang dinamakan Likopen. Salah satu jenis antioksidan ini memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Brokoli

Sayuran yang satu ini lumayan sering dimanfaatkan dalam berbagai hidangan menu utama. Tak hanya lezat, brokoli mengandung vitamin C dan beta karoten yang tinggi. Tidak hanya itu saja, sayuran yang berbentuk keriting ini juga menyimpan kuersetin dan lutein. Zat antioksidan ini banyak memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Salah satunya adalah menyeimbangkan kadar hormon estrogen pada wanita.

Wortel

Ada pula sayuran umbi-umbian yang berwarna oranye. Tak lain adalah wortel. Sayuran ini masyhur dikenal sebagai sumber vitamin A dan beta karoten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C di dalamnya. Tidak kalah dengan vitamin A, antioksidan ini juga memiliki khasiat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Bayam

Yang terakhir ada bayam yang selalu lezat manakala dihidangkan. Selain kandungan zat besinya yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah, bayam juga mengandung beta karoten dan lutein. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyetabilkan tekanan darah agar tetap normal dan sehat setiap saat.

Itulah keempat sayuran yang tinggi akan kandungan antioksidannya. Sekarang giliran Anda untuk memulai memasaknya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait