Daripada Dibuang, Yuk Ajak Si Kecil Daur Ulang Barang Bekas Jadi Berguna

Saat Ibu membereskan barang-barang bekas yang sudah menumpuk di gudang, jangan terburu-buru membuang barang yang sudah tidak terpakai tersebut ya Bu. Daripada dibiarkan begitu saja, lebih baik diubah menjadi sesuatu yang  berguna. Yuk, Bu ajak si kecil memanfaatkan kembali benda-benda yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang berguna kembali.

Selain sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan, kegiatan daur ulang pun ternyata bisa menjadi media kreativitas si kecil. Tentu akan sangat lebih menyenangkan, kalau saat mengajarkan tentang kepedulian lingkungan hidup dilakukan sambil bermain

Sejumlah barang bekas yang ada di rumah, seperti kardus susu, tempat tisu, botol bekas,  dan masih banyak lagi bisa menjadi barang kerajinan, mainan yang bagus, atau hiasan rumah tangga yang cantik.

Berikut ini adalah beberapa ide kreasi yang bisa Ibu terapkan bersama si kecil lewat kegiatan daur ulang:

 

Replika Kota dan Mobil-mobilan dari Kemasan Bekas Susu

Kemasan bekas susu si kecil ternyata bisa dimanfaatkan kembali menjadi media untuk mengembangkan kreativitas si kecil. Ibu bisa mengarahkan si kecil untuk membuat replika kota dengan gedung-gedung tinggi dilengkapi dengan kepadatan mobil yang berlalu lalang di lalu lintas ibukota. Mau tahu bagaimana caranya? Intip di sini ya Bu.

 

Celengan dari Pipa Paralon Bekas

Jika Ibu menemukan pipa paralon bekas, Ibu bisa memanfaatkan bahan bekas tersebut menjadi celengan yang lucu untuk si kecil. Dalam mendaur ulang, Ibu juga sekaligus mengajarkan si kecil untuk menabung. Untuk cara lebih lengkapnya, Ibu bisa simak caranya di sini.

 

Lampu UFO dari CD Bekas

Yuk bu, ajak si kecil menyulap compact disc (CD) bekas menjadi kreasi unik. CD bekas menjadi sampah yang sulit diuraikan saat dibuang, sehingga dapat mencemari lingkungan. CD Bekas bisa diubah menjadi hiasan lampu untuk menghiasa kamar si kecil. Penasaran seperti apa caranya, simak di sini ya Bu.

 

Bunga dari Karton Tisu Bekas

Ajak si kecil untuk menghias rumah menjadi lebih indah yuk Bu. Ibu bisa manfaatkan karton bekas tisu toilet menjadi hiasan bunga yang cantik.  Seperti ini bu caranya. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait