@shutterstock

Dispenser Juga Butuh Dibersihkan Lho Bu!

Dispenser banyak digunakan dalam rumah tangga. Jenisnya pun beragam dan fiturnya juga banyak. Bahkan ada yang dilengkapi dengan lemari pendingin sehingga bisa dipakai sekaligus untuk menyimpan minuman ringan. Namun, perlengkapan rumah tangga yang satu ini harus rajin-rajin dibersihkan agar kemurnian air tetap terjaga. Bagaimana caranya? Cek di sini ya!

Persiapan

Sebelum memulai pembersihan, siapkan dulu larutan desinfektan. Campurkan 1 sendok teh pemutih rumahan dengan satu liter air. Campuran ini bisa dipakai hingga 30 hari ke depan sehingga bisa menghemat anggaran keluarga. Ingin yang lebih aman? Gunakan cuka putih sebagai larutan desinfektan atau baking soda dengan air hangat.

Angkat galon dan sisihkan. Kosongkan dispenser dari sisa air dengan cara mengocoknya supaya kotoran di dalamnya dispenser ikut luruh. Lepas juga tempat gelas di bagian bawah. Kalau sudah, buang dan dispenser siap untuk dibersihkan.

Proses Pembersihan

Pertama-tama, rendam spons ke dalam larutan desinfektan. Diamkan selama beberapa menit kemudian ambil menggunakan sarung tangan. Gosok interior dispenser secara menyeluruh. Kalau ada yang membandel, sikat dengan sekuat tenaga agar kotoran bisa lepas dan nantinya tidak mengotori air. Diamkan selama 2-5 menit, baru setelah itu bisa menggunakan air yang mengalir. Kocok-kocok, buang. Ulangi dua kali agar kontainer utamanya bersih sempurna.

Oh ya, jangan lupa untuk membersihkan bagian luarnya juga. Mulai dari atas hingga bawah. Cuci juga tatakan gelas yang tadi Anda lepas menggunakan sabun cuci piring biasa. Jika sudah, keringkan. Tunggu sampai air benar-benar hilang, baru satukan lagi bagian-bagiannya.

Tahap Akhir

Setelah semuanya bersih, sekarang saatnya kembali memasang galon ke tempat semula. Kalau bisa sekalian ganti dengan yang baru supaya air terasa lebih fresh. Sebelum memasang, bersihkan dulu ujung galon dengan tisu basah agar bakteri dan kotorannya hilang. Baru setelah itu angkat dan selesai. Dispenser bersih terasa seperti baru lagi.

Mudah bukan? Anda bisa lho mencobanya sendiri di rumah tanpa perlu bantuan tenaga ahli. Peralatan dapur yang bersih akan membuat kualitas air dan makanan ikut terjaga bahkan jadi lebih nikmat. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait