©shutterstock

Diving dengan Penyu di Pulau Hari

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pesona pantai dan lautnya, yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika sedang ada di Sulawesi Tenggara, langkahkan kaki menuju Pulau Hari yang tidak jauh dari Ibukota Kendari. Terletak di Kecamatan Soropia, sebelah timur Kota Kendari, pulau ini memiliki banyak ciri unik, mirip dengan Wakatobi. Pulau Hari merupakan satu dari sekelompok pulau, yaitu Pulau Bokori, Pulau Saponda Darat, dan Pulau Saponda Laut. Walau kecil dalam ukuran, hanya seluas 1 kilometer persegi, pulau ini menawarkan berbagai kegiatan alam yang menyenangkan.

Pulau Hari memiliki pantai pasir putih dan laut yang jernih, mengundang siapa saja untuk berenang dan menyelam untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Para pecinta diving dan snorkeling akan dimanjakan oleh aneka biota laut dengan kedalaman bawah laut mencapai 7-8 meter. Airnya yang bening memudahkan melihat keindahan pemandangan taman laut dengan warna-warni terumbu karang yang menawan. Di Pulau Hari terdapat beberapa tempat penyelaman, dua di antaranya berada di Pulau Saponda Darat dan Saponda Laut yang berjarak sekitar 50 meter. Selain beberapa ikan yang dikategorikan dilindungi karena hampir punah seperti sunudan cuttlefish, para pengunjung dapat melihat bintang-bintang laut yang besar beraneka warna dan tingkah laku penyu yang sedang mencari makan. Jika sedang beruntung, pemandangan penyu raksasa yang bertelur di pantainya pun bisa dinikmati sebagai pengalaman yang langka.

Tidak hanya keindahan bawah laut dan wisata bahari saja yang ditawarkan Pulau Hari, para wisatawan juga dapat menjelajahi hutan kecil yang sebagian besar masih alami, karena tidak tersentuh bangunan penduduk sedikit pun. Ada berbagai macam binatang dan burung khas hutan tropis yang menghuni kawasan ini.

Untuk mencapai Pulau Hari, pengunjung dapat berangkat dari Kota Kendari dengan menggunakan speedboat di Banyan Harbor, Central Market Complex, Kendari. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota dan akan memakan waktu antara 1,5-2 jam untuk sampai ke Pulau Hari, tergantung pada cuaca dan kondisi perahu. Semakin siang, gelombang laut akan semakin besar. Jika kondisi tersebut terjadi, kemungkinan transportasi akan ditunda hingga laut tenang kembali. Oleh karena itu, jika ingin pergi ke Pulau Hari, disarankan untuk berangkat antara jam 9-12 pagi.

Ingin menikmati indahnya alam dan menari bersama penyu kini tidak perlu jauh-jauh ke luar negri, cukup datang ke Pulau Hari, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Share artikel ini:

Artikel Terkait