©shutterstock

Dongkrak Energi Si Kecil dengan Pilihan Menu yang Tepat

Si kecil punya segudang kegiatan yang menyenangkan. Mereka harus berlari ke sana ke mari, mengangkat benda, bersepeda, hingga belajar untuk sekolahnya besok. Sebagai orang tua, berikan dia dukungan yuk. Lewat menu-menu sehat dan nutrisi yang tepat, Anda bisa membantu meningkatkan energi si kecil. Supaya tidak salah langkah, ikuti panduannya di sini, Bu.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling disukai oleh tubuh karena bisa diubah dengan cepat. Zat gizi yang satu ini banyak ditemukan di roti gandum, granola bar rendah lemak, oatmeal, dan ubi jalar. Kalau bisa, hindari memberikan si kecil karbohidrat sederhana seperti gula, permen, dan produk tepung lainnya karena energi yang dihasilkan tidak bisa bertahan lama. Jadi jika Anda mencari menu sarapan yang sarat karbohidrat dan sehat berikan si kecil semangkuk sereal oatmeal dengan taburan buah potong di atasnya. Menu ini akan memberikan energi sepanjang hari dan membuat si kecil lebih fokus saat beraktivitas.

Protein

Kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging rendah lemak adalah sumber utama dari protein. Nutrisi ini akan menghasilkan energi yang besar jika digabungkan dengan karbohidrat, seperti yang dikatakan Donna St. Sauver, kontributor dari situs ehow.com. Sebagai contoh, kombinasi yoghurt dengan kacang kenari atau hummus pada tortila gandum akan memberikan energi yang bisa bertahan lama, sehingga si kecil bebas beraktivitas.

Buah-buahan

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah-buahan memiliki banyak  khasiat untuk kesehatan. Bahkan beberapa buah dianggap sebagai superfood karena kaya kandungan antioksidan. Tengok saja starwberry, blueberry, jeruk, mangga, melon, semangka, dan delima. Anda bisa memberikannya pada si kecil dalam bentuk jus, salad buah, atau disajikan segar begitu saja. Makanan ini akan membantu proses penyerapan dalam tubuh sehingga energi bisa didapatkan si kecil dengan mudah, ungkap Donna.

Sayuran

Selain buah, sayuran juga berperan penting untuk energi si kecil. Bayam, brokoli, tomat, paprika, dan daun selada masuk dalam daftar teratas sayuran dengan zat gizi paling menyehatkan. Sebelum mengolahnya, pastikan mencucinya dulu agar sisa zat pertanian bersih dan sayuran aman dikonsumsi. Aneka menu sehat seperti tumis bayam dan paprika, brokoli rebus dan saus keju, atau green smoothies dengan tambahan lemon bisa Anda sajikan untuk mencukupi kebutuhan energi si kecil.

Selain makanan, air putih juga tidak boleh ketinggalan ya. Dalam sehari si kecil harus minum setidaknya 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairan dam tubuh. Semoga informasinya bisa membantu ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait