©shutterstock

Duh, Tahun Baru Malah Tak Bisa Tidur

Tahun baru memang selalu disambut dengan gelak tawa dan suka cita. Beragam perayaan yang diselenggarakan kadang sampai membuat tak sadar diri jika sudah merayakannya hampir menjelang pagi. Di permulaan tahun baru mungkin masih bisa santai, karena masih dalam hari libur dan Anda bersama keluarga bisa istirahat keesokan harinya. Namun bagaimana jadinya bila di tahun baru justru mengalami gangguan tidur? Simak tips penangkalnya berikut ini.

Matikan TV
Di awal tahun, suguhan acara TV memang kadang memukau untuk ditonton, termasuk meriahnya pesta tahun baru dari seluruh dunia. Tapi, jangan sampai tergoda. Besok Anda masih harus menjalankan aktivitas harian seperti biasa dan malam ini Anda butuh istirahat agar bisa mengembalikan kondisi tubuh yang bugar. Matikan TV satu jam sebelum tidur dan nikmati malam panjang dalam tidur yang nyenyak.

Matikan Gadget
Selain televisi, benda lain yang perlu Anda jauhkan menjelang tidur adalah gadget. Ponsel pintar, tablet dan gadget pendukung lainnya sebaiknya dimatikan atau minimal dibuat  mode silent. Cara ini akan membuat tidur Anda lebih nyaman dan tak mudah mengalami gangguan di tengah malam, seperti terbangun karena notifikasi ucapan selamat tahun baru.

Matikan lampu kamar
Melinda Ratini, DO, MS, dari Medicine Net tidur berkualitas akan lebih mudah terbentuk manakala ruangan tempat tidur dalam kondisi minim cahaya. Pilihlah lampu yang tak terlalu terang atau mematikannya sekalian. Tidur dalam kondisi gelap akan merangsang produksi hormon tidur, melatonin, hingga bisa membuat Anda kembali bugar keesokan harinya.

Terapkan gaya hidup sehat
Jika Anda memasukkan hidup sehat dalam salah satu resolusi Anda di tahun baru, sekarang sudah waktunya untuk mengaplikasikannya. Mulailah untuk mengontrol pola makan sehat dan olahraga secara teratur. Hindari begadang yang tak perlu. Aktivitas sehat ini dapat membuat proses tidur Anda lebih nyenyak setiap hari.

Cobalah untuk menerapkan tips ini bagi keluarga dan si kecil agar Anda dan orang terdekat Anda bisa menjalani gaya hidup yang benar-benar sehat di tahun baru.

Share artikel ini:

Artikel Terkait