Empat Rahasia Sukses Berolahraga

Putus asa karena latihan olah raga yang Anda lakukan tak juga berhasil menurunkan berat badan dan membentuk tubuh Anda? Simak saja rahasia para penggila olahraga berikut ini untuk Anda praktekkan. Siapa tahu rahasia mereka itu bisa bermanfaat juga untuk Anda.

Rahasia keberhasilan tersebut bisa terungkap lewat suatu survei yang dilakukan oleh situs kesehatan Onhealth.com terhadap 20.000 orang pembaca mereka. 38 persen dari responden tersebut dikategorikan sebagai “successful exercisers” alias mereka yang sukses berolahraga. Berikut adalah rahasia mereka hingga bisa berhasil membentuk tubuh dan mengurangi berat badan berkat pola latihan yang mereka terapkan.

  • Cinta Jalan Kaki
    Ya, olah raga favorit mereka adalah olah raga jalan kaki. Mereka melakukannya minimal setengah jam per hari, dengan frekuensi minimal tiga kali seminggu (biasanya lebih dari tiga kali). Bahkan, 12 persen dari mereka berolah raga minimal lima kali seminggu, dan bertahan dengan pola tersebut selama lima tahun.
  • Berolah Raga dengan Serius
    Dari mereka yang sukses, 58 persen melaporkan bahwa mereka melakukan minimal tiga jenis aktivitas per minggu. Sementara itu, 30 persen dari mereka juga menggunakan fasilitas gym atau pusat kebugaran, minimal tiga kali seminggu. Lebih dari 50 persen responden sukses tersebut berolahraga secara teratur untuk mengatasi depresi, gangguan jantung, nyeri punggung, atau diabetes. Dokter mereka sendiri setuju bahwa olah raga yang mereka lakukan itu sangat membantu proses penyembuhan.
  • Menggunakan Beban
    Mereka yang sukses berolah raga ternyata 10 kali lebih sering menggunakan barbel untuk menguatkan otot-otot tubuhnya, dibanding mereka yang tidak berolahraga secara teratur.
  • Memiliki Kebiasaan yang Sehat
    Di antara kesibukan setiap hari, mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan sehat yang dapat membuat tubuh mereka tetap bugar. Inilah kebiasaan-kebiasaan tersebut:
    1. Hanya menggunakan mobil untuk bepergian jauh saja.
      Hindari bepergian dengan mobil ke tempat-tempat yang tak terlalu jauh. Saat ke pasar swalayan yang tak jauh dari rumah, bersepeda atau berjalan kaki saja mungkin adalah pilihan yang tepat.
    2. Melakukan berbagai aktivitas yang mereka suka
      Dengan melakukan berbagai aktivitas yang mereka sukai, rutinitas sehari-hari akan terasa menyenangkan. Hasilnya, tak hanya sehat secara fisik, kondisi mental mereka pun ikut terjaga.

TIPS PENTING UNTUK PEMULA

  • Mulailah program latihan Anda dari yang ringan, baru kemudian meningkatkan intensitas dan durasinya secara bertahap.
  • Untuk mendapatkan manfaat berolah raga dari latihan yang Anda lakukan, Anda harus melakukan minimal 150 menit latihan per minggu (dibagi untuk lima hari). Manfaat yang didapat adalah menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis, diabetes, hipertensi, kanker, dan kepikunan.
  • Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, Anda perlu harus melakukan latihan olah raga selama 250 hingga 300 menit per minggu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait