Empukkan Daging dengan Pepaya

Memiliki tekstur yang lunak dan biji yang banyak, menjadi ciri yang khas buah pepaya di samping warnanya yang oranye. Buah yang satu ini memang enak untuk disantap. Apalagi, jika disajikan dalam sop buah yang segar dan manis, pastinya akan lebih nikmat lagi. Selain kaya akan zat gizi, pepaya juga memiliki banyak manfaat yang besar bagi tubuh. Bukan hanya itu saja, bagi Anda yang suka memasak terutama mengolah aneka masakan dari bahan dasar daging, buah pepaya dapat Anda manfaatkan.

Tidak sebatas untuk sayuran, ternyata pepaya juga mengandung enzim papain yang berguna untuk membuat daging lebih lunak. Enzim ini dapat ditemukan pada bagian getah buah. Jika Anda belum bisa menemukan getah pada buah pepaya, Anda masih bisa memanfaatkan getah yang ada pada daunnya. Kedua getah pada bagian tanaman pepaya ini sangat berguna sebagai meat tenderizer atau pengempuk daging.

Untuk memanfaatkannya, memarkan daun pepaya terlebih dahulu, kemudian gunakan untuk membungkus daging yang akan diolah. Jika Anda ingin memanfaatkan buahnya, campur potongan daging dengan potongan buah pepaya muda. Diamkan satu jam hingga daging tersebut benar-benar empuk. Bila tekstur daging sudah empuk, silahkan dimasak dengan menggunakan resep yang sesuai dengan selera Anda.

Memang, untuk membuat daging lebih empuk hanya bisa menggunakan pepaya yang masih muda. Sebab, pada pepaya yang sudah matang jarang ditemukan getah. Bila Anda kurang suka dengan buah pepaya lantaran aromanya, Anda bisa menghilangkannya. Caranya dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis di atas pepaya yang akan Anda makan. Selain baunya akan hilang, pepaya ini juga akan terasa lebih segar.

Terlepas dari aromanya yang kurang disukai oleh beberapa orang, sebenarnya buah ini kaya akan vitamin A dan C. Penelitian yang dilakukan oleh Center for Science in the Publict Interest di Washington, melaporkan bahwa pepaya termasuk buah yang tinggi kandungan nutrisinya. Pepaya yang dimaksud dalam halini adalah buah pepaya matang. Sebab, buah pepaya muda tidak begitu banyak kandungan zat gizinya. Salah satunya adalah beta-karoten yang efektif untuk menangkal radikal bebas. Adapun vitamin C-nya berperan aktif dalam menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat dan tak mudah sakit. Demikian penjelasan Budi Utomo, S.Pd, salah satu contributor Nestle.

Share artikel ini:

Artikel Terkait