@shutterstock

Es Buah Juga Kaya Gizi Lho!

Siang yang terik dibasuh suapan es buah tentu menyegarkan. Apalagi isinya bermacam-macam, ada alpukat, stroberi, melon, nanas, semangka, apel, dam buah naga. Hmm.. bisa dibayangkan betapa sehat dan segarnya minuman yang satu ini. Untuk lebih detailnya, yuk intip apa saja kandungan gizi yang ada dalam es buah.

Vitamin C

Stroberi dan buah naga penuh sesak dengan vitamin C. Menurut Jill Corleone dari situs livestrong, vitamin C dalam tubuh bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melindungi sel-sel dari ancaman radikal bebas.

Serat

Buah alpukat dinilai sebagai salah satu sumber serat tertinggi dalam evaluasi nutrisi yang dilakukan oleh University of Florida. Kandungan gizi ini juga bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol gula darah, dan menjaga kesehatan pencernaan. The Mayo Clinic bahkan mengungkapkan kalau serat ampuh dalam menurunkan berat badan dan mencegah gejala iritasi usus besar. Menarik bukan?

Fitonutrient

Kandungan zat gizi ini bisa didapatkan lewat apel dan alpukat. Beberapa macam fitonutrien seperti lutein dan zeatatin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti yang ditemukan oleh peneliti dari Ohio State University.

Bromelain

Tidak lengkap rasanya kalau melewatkan nanas dalam isian es buah. Selain lezat, buah ini ternyata kaya akan bromelain yang merupakan enzim untuk mengurangi peradangan. Bromelain juga  memiliki kemampuan untuk memecah melanin dan menyehatkan badan.

Cukup banyak ya? Setelah mengetahui macam-macam kandungan gizinya, sekarang simak tips membuat es buah berikut ini yuk!

Pertama, cuci buah-buahan hingga bersih baru kupas dan potong kecil-kecil. Masukkan buah naga dalam blender tambahkan sedikit air dan es batu, lalu haluskan.

Kedua, letakkan potongan buah lainnya dalam mangkuk. Setelah itu, tuangkan jus buah naga dan tambahkan satu scope es krim sebagai toping. Mudah bukan?

Ingin yang lebih kompleks? Tambahkan isian berupa kiwi, jeruk, blueberry, dan sirup maple untuk rasa yang lebih menggigit. Selamat mencoaba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait