@shutterstock

Fungsi di Balik Penggunaan Celemek Saat Memasak

Kesan pertama saat mendengar kata celemek adalah kain yang dipakai oleh para ibu saat sibuk di dapur. Walau sudah dikenal sebagai salah satu aksesoris di dapur, celemek punya sejarah yang panjang. Kata celemek atau apron dalam bahasa Inggris, diambil dari kata Perancis naperon, yang berarti serbet. Terjemahan ini mengungkapkan aspek fungsionalnya untuk melindungi tubuh dari noda.

Bahan pembuatan celemek biasanya disesuaikan dengan fungsinya. Untuk di dapur, digunakan PVC atau kain tahan minyak yang tidak tembus air dan noda lainnya. Bentuknya pun berbeda-beda, mulai dari yang diikat di pinggang hingga dikalungkan di leher hingga menutup hampir seluruh tubuh. Yuk simak manfaat lainnya menggunakan celemek di dapur.

Menurunkan Risiko Terluka

Terkadang, memasak di dapur berisiko melukai tubuh Anda, misalnya kulit jari melepuh karena membawa panci yang panas. Celemek bisa jadi alat darurat untuk memindahkan alat-alat dapur yang panas sehingga tidak membakar kulit jari-jari. Bisa juga digunakan untuk memegang bahan makanan yang licin, sehingga memudahkan pemotongan dengan pisau agar terhindar dari cedera.

Membawa Bahan Makanan

Saat akan memasak, Anda harus membawa bahan-bahan makanan dari keranjang belanja atau kulkas ke meja dapur. Untuk memudahkan membawanya, gunakan saja celemek untuk mengangkut barang-barang agar tidak terjatuh. Selain praktis, cara ini juga menghemat waktu dan tenaga Ibu daripada bolak-balik untuk memindahkan bahan-bahan makanan.

Menghapus Noda

Memasak tidak akan pernah lepas dari noda-noda air, minyak, maupun saus yang dapat membuat dapur jadi kotor, bahkan terpeleset. Jika tidak sempat mengambil tisu atau kain lap, gunakan celemek sebagai kain pembersih darurat.

Membawa Peralatan

Biasanya celemek dilengkapi dengan kantung-kantung yang ada di bagian dada atau pinggang. Gunakan untuk membawa pulpen, notes, sendok kecil, sendok sayur, maupun timer untuk memudahkan proses memasak.

Penambah Semangat Memasak

Turun ke dapur bisa jadi kegiatan yang membosankan lho. Biasanya untuk menambah semangat, Anda akan membeli perkakas maupun peralatan dapur warna-warni untuk menambah motivasi memasak. Memakai celemek dengan motif yang Anda sukai, baik itu bunga-bunga, garis-garis, atau dihiasi kata-kata lucu diharapkan dapat membangkitkan niat untuk memasak. Hidangan yang dikerjakan dengan senang tentu hasilnya lebih lezat ya.

Celemek tidak melulu melindungi tubuh atau pakaian dari noda saat memasak lho, Bu. Jadi jangan lupa untuk memakainya saat berada di dapur ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait