©shutterstock

Ganti Lampu Saat Mulai Redup

Lampu telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Saat hari beranjak malam, lampu menjadi penerang yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dan membuat acara kumpul keluarga semakin hangat. Sayangnya, masih banyak daerah yang kekurangan listrik sehingga tidak bisa memasang lampu di tempatnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi di rumah adalah mengganti lampu saat mulai redup. Biasanya, jika lampu sudah sedikit redup maka konsumsi listriknya akan meningkat. Lagipula lampu yang redup akan membuat ruangan terasa suram, jadi yuk segera diganti.

Berikut ada beberapa tips aman mengganti lampu di rumah. Simak ya!

Matikan Dulu

Sebelum mengganti lampu, matikan dulu sirkuitnya supaya tidak ada aliran listrik di sekitar lampu. Tunggu hingga dingin baru Anda bisa memutarnya dan mengganti dengan yang baru. Cara ini akan membantu menghemat penggunaan listrik di rumah dan juga mengurangi risiko cedera.

Pakai Tangga

Daripada menumpuk-numpuk kursi, lebih baik gunakan tangga saat mengganti lampu. Hal semacam lebih aman dan praktis, sehingga Anda tidak perlu menata kembali kursi yang tadi habis dipakai. Namun pastikan dulu tangga di rumah dalam kondisi prima. Semua baut terpasang dengan kuat dan tidak ada anak tangga yang rapuh atau retak agar keamanan tetap terjaga.

Pakai Sarung Tangan Untuk Memegang Lampu

Kaca yang panas bisa menyebabkan luka di kulit sehingga ada baiknya memakai sarung tangan ketika mengganti lampu. Pastikan sarung tangan Anda terbuat dari bahan kain yang lumayan tebal tapi tidak licin.Bisa juga dengan memakai lap fiber atau kain yang biasanya dipakai untuk membersihkan kaca mobil. Fungsinya sama saja, yaitu untuk melindungi tangan dan juga mencegah terjadinya cedera.

Dengan menerapkan tips tadi, acara mengganti lampu pasti bisa Anda lakukan sendiri meskipun sedang tidak ada orang di rumah. Tetap hati-hati ya, dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mengganti lampu supaya tidak ada kotoran dan zat kimia yang menempel. Selamat mencoba ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait