©shutterstock

Hebatnya Khasiat Kayu Manis Buat Kesehatan

Dari jauh saja, bau kayu manis sudah sangat menggoda. Apalagi jika dikombinasikan dengan teh atau pie apel yang baru keluar dari oven. Sungguh perpaduan yang sangat sempurna! Selain membuat makanan semakin lezat, ternyata kayu manis menyimpan banyak khasiat hebat lho. Penasaran? Cek di sini ya!

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian dari Penn State menemukan bahwa diet kaya rempah seperti kunyit dan kayu manis bagus untuk melawan efek negatif dari makanan berlemak dan membuat jantung makin sehat. Ketika Anda menambahkan kayu manis dalam menu diet dan mengonsumsinya secara teratur, berat badan akan turun dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu hanya enam bulan. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan berhenti makan junk food dan rutin olahraga agar diet yang dijalani berhasil.

Mengontrol Gula Darah

Kayu manis punya banyak kandungan antioksidan yang dapat mengurangi risiko diabetes dan gangguan jantung. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian dari U.S Department of Agriculture.  Jika Anda mengalami gangguan gula darah, coba tambahkan ekstrak kayu manis dalam menu harian dan konsumsi secara teratur. Dalam rentang waktu 12 minggu, kandungan antioksidan dalam tubuh akan bertambah dan kadar gula darah kembali dalam posisi normal.

Meningkatkan Fungsi Otak

Bau segar dari kayu manis ternyata bisa membuat kinerja otak meningkat. Kayu manis juga meningkatkan kemampuan kognitif dan membuat otak berfungsi dengan maksimal, seperti yang diungkapkan oleh para ilmuwan di Wheeling Jesuit University. Aroma kayu manis juga ampuh dalam membuat badan kembali rileks. Menurut studi yang dilakukan oleh Agricultural Research Service, ketika Anda merasa penat dan stress, coba nikmati secangkir teh kayu manis hangat. Resapi aromanya yang menyejukkan agar stress hilang dan pikiran serta badan terasa lebih ringan.

Menarik ya? Ternyata rempah ini bagus sekali untuk kesehatan. Kalau Anda bosan mencampurnya dengan teh, bisa lho diolah menjadi sajian lainnya seperti taburan cappucino, graperfruit panggang, atau dijadikan cupcake dengan berbagai toping. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait