©shutterstock

Hidangan Kaya Serat Penunjang Pencernaan Sehat Si Kecil

Senangnya adik tumbuh dengan sehat. Jarang mengeluh sakit walau sebatas sakit perut. Anak-anak memang bisa dikatakan langganan sakit perut. Selain belum bisa menjaga kebersihan dengan maksimal, si kecil juga sering jajan sembarangan. Pencernaannya pun menjadi sering terganggu. Meski begitu, tak ada yang tak mungkin untuk membuat proses pencernaannya selalu sehat.

Anda dapat mewujudkannya dengan melengkapi kebutuhan nutrisi penunjang pencernaan dengan pilihan makanan sehat berikut.

Apel dan pir
Sumber serat pertama yang bisa Anda sajikan kepada si kecil adalah buah apel dan pir. Tak hanya lezat buah-buahan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Lebih istimewa lagi, serat yang ada dalam apel dan pir dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Louise Goldberg, RD, LD, ahli nutrisi dari Texas menyarankan untuk menghidangkan buah apel dan pir bersamaan dengan kulitnya, karena di sanalah kandungan serat apel dan pir banyak ditemukan. Pastikan untuk mencuci buahnya dengan bersih sebelum dikonsumsi ya Bu!

Kedelai
Selain buah apel dan pir, makanan kaya serat yang baik juga bisa ditemukan dalam kacang kedelai. Louise menjelaskan semua varian kacang kedelai baik kedelai hitam maupun lokal memiliki kandungan serat yang sama baik. Kacang yang menjadi bahan dasar tempe dan tahu ini dapat menyumbangkan 16 gram serat dalam sekali sajian.

Sereal gandum
Anda mungkin sudah tak asing dengan makanan yang sering disajikan saat sarapan ini. Sereal gandum tidak hanya enak dan lembut saat dimakan, tetapi juga menyumbangkan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Louise semangkuk sereal gandum bisa menyumbangkan 5 gram serat. Sajikan dengan menggunakan susu skim atau buah-buahan segar seperti stroberi dan pisang.

Buah berry
Menyajikan semangkuk buah berry saat sarapan memang mengasyikkan. Terlebih untuk si kecil. Selain memiliki rasa yang lezat, buah berry juga memiliki kandungan serat yang cukup melimpah. Seratnya tak hanya membantu melancarkan proses pencernaan tetapi juga bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Stroberi, raspberry, cranberry dan blueberry adalah beberapa varian buah berry yang bisa Anda hidangkan untuk si kecil. Demikian yang disampaikan oleh Louise Goldberg yang juga bekerja di Houston Medical Center ini.

Cukup mudah ditemukan bukan? Yuk langsung hidangkan untuk si kecil ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait