©shutterstock

Hilangkan Mindset “Olahraga Itu Melelahkan”

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan fit, tantangan yang sering dihadapi adalah tidak mempunyai banyak energi dan motivasi untuk melakukan olahraga. Penyebabnya bervariasi, mulai dari kurang tidur, keterbatasan waktu, dan mempunyai tingkat stres yang cukup tinggi.

Daftar makanan berikut ini mungkin bisa membantu Anda. Selain menjaga mood agar tetap baik, kandungan nutrisi yang disediakan oleh makanan-makanan ini memberikan tenaga ekstra untuk berolahraga.

 

Madu

Sebelum Anda meraih minuman berenergi, pertimbangkan untuk mengonsumsi madu. Dilansir oleh situs Eatingwell, madu secara alami mengandung fruktosa dan glukosa yang dapat menambah energi Anda selama berolahraga. Selain itu, produk yang dihasilkan lebah ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh. Konsumsi satu sendok makan madu secara rutin sebelum berolahraga atau tambahkan dalam smoothie favorit Anda.

 

Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang dan apel dikenal tinggi kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral. Tidak hanya itu, menurut situs Skinnyms, buah-buahan segar mengandung karbohidrat yang cepat diserap tubuh untuk menghasilkan energi. Selain rasanya yang enak dan tinggi antioksidan, smoothie yang terbuat dari apel, anggur merah, jahe, kefir, teh hijau dan madu, menyediakan 130 kalori yang cocok dikonsumsi sebelum olahraga.

 

Segelas susu coklat

Dilansir oleh situs Eatingwell, penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan susu coklat dapat membantu mengembalikan energi yang hilang selama berolahraga. Kombinasi karbohidrat dan protein yang ada dalam segelas susu coklat diklaim memberikan efek yang sama dengan minuman elektrolit. Rasanya yang lezat juga membantu Anda mempertahankan mood baik selama berolahraga.

 

Yoghurt

Latihan fisik yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentan terkena penyakit, seperti infeksi saluran pernafasan. Penelitian pada tahun 2008 yang dilansir British Journal of Sport Medicine menemukan atlet yang mengonsumsi probiotik secara rutin, mempunyai sistem imunitas dan dorongan energi yang lebih tinggi daripada atlet yang tidak mengonsumsinya. Kombinasi sereal yang kaya serat dan yoghurt yang tinggi probiotik, dapat memberikan tambahan energi yang diperlukan selama berolahraga.

Manfaatkan makanan-makanan di atas untuk memberikan tenaga ekstra untuk berolahraga dan dapatkan tubuh sehat seperti yang Anda idam-idamkan. Selamat berolahraga!

Share artikel ini:

Artikel Terkait