©shutterstock

Ingin Buat Tubuh Lebih Berisi, Bisa Kok!

Sejak dulu sampai sekarang tubuh ideal menjadi dambaan banyak orang. Kekaguman akan orang lain yang memiliki bentuk tubuh yang ideal tersebut tampak muncul saat melihatnya. Seolah ingin segera memiliki bentuk tubuh seperti demikian. Angan-angan tak akan pernah terwujud tanpa ada perjuangan. Begitu juga dengan tubuh yang ideal, perlu usaha  yang cukup keras agar tercapai.

 

Jika Anda termasuk salah seorang yang  menginginkan bentuk tubuh ideal, yuk simak tips membentuk tubuh yang berisi berikut ini.

 

Perhatikan takaran kalori

Kunci makan sehat sebenarnya terletak pada asupan kalori yang dimakan. Jika paham dengan asupan kalori pada makanan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tubuh yang proporsional bisa saja Anda dapatkan. Pelatih kebugaran dari Muscle and Performance Amerika, Jordana Brown, merekomendasikan untuk menambah 20 kalori pada setiap menu makan. Jika berat badan di bawah 63 kilogram, maka kebutuhan kalori harian tubuh sebanyak 2800 kalori atau 500 kalori pada setiap jam makan utama dan sisanya untuk camilan.

 

Tambahkan asupan protein

Jika bisa, tambahkan asupan kalori tersebut dalam bentuk protein. Jordana Brown menyebutkan protein dibutuhkan untuk membentuk otot tubuh agar lebih cepat untuk berkembang.  Sean Hyson, pelatih kebugaran dari Men Fitness, menambahkan sumber protein yang baik untuk mempercepat pembentukan otot ini antara lain daging merah, telur, ikan, kacang-kacangan, kedelai dan produk olahan susu.

 

Tambahkan lemak sehat

Untuk melengkapi asupan nutrisi agar bisa mempercepat pembentukan otot tubuh, tambahkan konsumsi lemak sehat dalam menu harian. Steve Shaw, pelatih kebugaran Amerika, mengatakan lemak yang sehat ini dibutuhkan untuk mengisi cadangan energi selama proses metabolisme berlangsung. Sumber lemak sehat yang paling baik pada selai kacang, susu murni, minyak ikan dan olive oil.

 

Imbangi dengan latihan

Bukan hanya pola makan yang perlu diperhatikan untuk mempercepat pembentukan otot tubuh. Porsi latihan pun juga perlu ditambahkan secara berkala. Jika Anda pergi ke gym cobalah untuk konsultasi dengan pelatih kebugaran. Tujuannya untuk memaksimalkan latihan, karena minimnya pengetahuan tentang latihan yang kurang tepat hanya akan membuat proses pembentukan otot tubuh tidak berjalan sesuai  dengan yang direncanakan.

 

Bagaimana, tak terlalu susah bukan? Awali dengan niat dan lanjutkan dengan komitmen kuat, karena hanya orang yang berjuang keras dan tak mudah menyerah yang lebih mudah berhasil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait