Macam-macam Buah yang Baik Untuk Diet

Mendengar kata diet, maka yang langsung terbersit di benak Ibu pasti persoalan menurunkan berat badan. Sebenarnya diet juga berarti menjaga pola makan yang baik agar tubuh tetap sehat dan hal ini berarti memilih asupan zat gizi yang tepat. Buah untuk diet menjadi salah satu asupan yang vital karena memberikan energi, mengandung serat, vitamin hingga cairan yang diperlukan tubuh.

 

Buah-buahan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah dan sistem pencernaan hingga memberikan manfaat kecantikan seperti rambut yang berkilau dan kulit yang halus seperti yang dipaparkan ahli diet Juliette Kellow BSc., RD. Namun ibu jangan keliru karena tidak semua buah memberikan efek yang sama untuk menunjang diet. Menurut para ahli diet dan kesehatan dari situs Newsmax, ada lima kategori buah yang baik untuk diet.

 

Pertama, buah-buahan yang mengandung karbohidrat tinggi. Lho, bukannya karbohidrat tinggi justru sebaiknya dihindari? Tidak ibu, karena karbohidrat dalam buah berikut ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Pisang, plum, pir, kiwi, nanas, mangga, anggur adalah makanan karbohidrat tinggi yang baik dikonsumsi saat sarapan. Buah-buahan ini akan memberikan energi ekstra di pagi hari untuk memulai hari setelah tubuh berpuasa saat tidur.

 

Kedua, buah-buahan yang mengandung karbohidrat rendah seperti semangka, persik, blewah, apel hingga pepaya. Tinggi zat gizi namun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membantu menjaga suhu tubuh dan melawan kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan dalam kategori ini memiliki tingkat gula yang rendah sehingga tidak akan memberikan pasokan lemak ekstra saat glukosa tidak mengubahnya menjadi energi saat diet.

 

Yang ketiga adalah macam-macam buah beri (Stroberi, raspberry, blackberry, cranberry hingga blueberry) dan citrus (limun, lemon, jeruk nipis). Kedua jenis buah untuk diet ini memberikan manfaat detoks tubuh dan memperkuat sistem pencernaan dari dalam. Sistem kardiovaskular tubuh menjadi lebih lancar dan membantu meningkatkan metabolisme. Itulah sebabnya buah jenis ini populer sebagai campuran infused water.

 

Keempat, buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, blewah, melon kuning hingga hijau. Beberapa di antaranya sudah masuk ke dalam kategori buah rendah karbohidrat. Manfaatnya adalah memberikan energi instan pada tubuh dan hidrasi yang baik. Buah dengan banyak air juga bermanfaat mengeluarkan toksin dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

 

Kelima adalah buah-buahan kering seperti kismis, kurma, hingga prunes. Buah-buahan ini merupakan sumber vitamin dan mineral sebagai alternatif bagi Anda yang bosan mengonsumsi buah segar. Manfaat lainnya adalah membantu proses detoksifikasi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol jahat dan membantu proses pembakaran lemak.

 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait