Inilah Manfaat Mengajarkan Daur Ulang Bagi Si Kecil

Anak dan lingkungan adalah dua hal yang sangat penting bagi keberlangsungan masa depan dunia. Si kecil pun juga perlu diajarkan bahwa ia adalah bagian dari alam dan lingkungan. Oleh karena itu, ia juga perlu ikut menjaga kelestarian lingkungannya.

Tentunya melalui cara-cara yang menyenangkan bagi mereka dan kebiasaan yang bisa si kecil lakukan. Yuk, Bu ajak si kecil untuk memanfaatkan kembali benda-benda yang masih bisa digunakan. Daur ulang merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam menyelamatkan lingkungan sekaligus bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama. Ada begitu banyak manfaat yang bisa digali dari kegiatan mendaur ulang dan tentunya itu akan sangat berharga bagisi kecil.

 

Cinta dan Peduli Lingkungan

Sudah menjadi tugas Ibu untuk menanamkan pentingnya menjaga lingkungan sedari dini kepada si kecil. Daur ulang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengajarkan si kecil cinta akan lingkungan. Lewat kegiatan daur ulang, bisa mengajarkan si kecil yang awalnya tidak begitu peduli pun akan jauh lebih peduli dengan lingkungannya. Saat membuat kerajinan dari bahan daur ulang, Ibu bisa mengajarkan tentang dampak yang dihasilkan, sehingga si kecil akan belajar untuk menjaga lingkungannya. Diharapkan kebiasaan ramah lingkungan ini bisa terus menjadi gaya hidup si kecil hingga ia dewasa nanti.

 

Tertib Membuang Sampah

Diperlukan kesadaran yang besar bagi setiap orang untuk bisa membiasakan diri membuang sampah ke tempatnya. Dengan mengetahui dampak daur ulang, si kecil pun akan terbiasa untuk bersikap tertib, membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak mengotori dan merusak lingkungan. Selain itu, Ibu juga bisa sekaligus mengenalkan si kecil tentang memilah sampah kering dan basah, agar proses daur ulang menjadi lebih mudah.

 

Si Kecil Menjadi Lebih Kreatif

Daur ulang juga bisa menjadi kesempatan bagi si kecil untuk meningkatkan kreativitasnya. Semua barang bekas bisa diubah si kecil menjadi hasil kerajinan lucu yang cantik.

 

Mengajarkan Konsep Hemat Energi
Mengajarkan si kecil daur ulang akan membuka wawasannya tentang pentingnya hemat energi untuk masa depan.

 

Anak Berkarakter

Peran besar orang tua sangat dibutuhkan untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik dan berkarakter. Maka dibutuhkan pola pendidikan yang tepat, salah satunya adalah dengan mengajarkan peduli lingkungan lewat kegiatan daur ulang.

 

Ajak Si Kecil Berhemat

Dengan memanfaatkan barang di sekitar, secara tak langsung Ibu juga mengajakarkan si kecil tentang berhemat, karena si kecil bisa membuat mainan untuk dirinya sendiri dengan memanfaatkan barang bekas di sekitarnya, tanpa perlu membeli mainan baru di toko.

Share artikel ini:

Artikel Terkait