Intip Nutrisi Pada Talas

Bila Anda salah satu penggemar umbi-umbian, nama talas sudah tidak asing didengar. Umbi-umbian ini banyak sekali disajikan sebagai camilan tradisional utamanya di pedesaan. Meski makanan ini identik dengan makanan rakyat, talas ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup melimpah.

Seperti umbi-umbian pada umumnya, karbohidrat dalam talas tetap menjadi sumber nutrisi yang paling besar. Menurut Budi Utomo, kandungan karbohidrat dalam talas mencapai 77,9 persen. Selain itu, talas juga mengandung zat khusus yang dinamakan sebagai amilopektin. Zat ini yang membuat talas memiliki tekstur yang pulen dan lengket layaknya beras ketan. Kandungan pati dalam talas mudah dicerna dalam tubuh, sehingga cocok digunakan sebagai makanan pokok atau menu diet usai sakit.

Bukan hanya karbohidrat saja, talas juga mengandung beragam nutrisi yang lain. Zat gizi tersebut adalah protein. Walau banyak mengandung karbohidrat, talas memiliki protein yang melimpah. Bahkan jika dikalkulasikan, kandungan protein pada talas masih setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan singkong dan ubi jalar. Setiap 100 gram talas dapat ditemukan protein sebanyak 1,9 gram.

Sementara itu, singkong hanya memiliki kandungan protein sebesar 1,2 gram dan ubi jalar sebanyak 1,8 gram protein. Tak sebatas protein biasa saja, kandungan protein dalam talas memiliki beragam asam amino penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja histidin, lisin, isoleusin, triptofan dan metionin yang begitu berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Tidak heran, jika protein pada talas sering disamakan dengan kelengkapan protein dalam kacang-kacangan.

Talas juga memiliki kandungan nutrisi lain yang tak kalah melimpah. Makanan dari umbi-umbian ini juga mengandung vitamin dan mineral. Di dalamnya Anda akan menemukan vitamin C, kalsium, fosfor dan juga zat besi. Meski tak sebesar kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur, paling tidak dapat memenuhi suplai kebutuhan zat gizi dalam tubuh. Talas juga banyak mengandung serat, sehingga sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan.

Seperti singkong, talas juga bisa dibuat bermacam kudapan yang lezat bagi keluarga. Anda bisa menggorengnya atau dikukus dulu sebelum dijadikan kroket, pai, talam atau cake. Cocok disajikan untuk teman minum teh sore hari kan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait