Jangan Manjakan Diri dengan Obat, Ini Tips Sehat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Hujan kemudian panas, begitu sebaliknya terus-menerus kerap terjadi di Indonesia dan dinamakan musim pancaroba. Di saat inilah tubuh bekerja keras beradaptasi dan banyak pula yang sistem imunnya tidak bekerja dengan baik sehingga terserang penyakit. Tips sehat pun diperlukan.

Jangan manjakan diri dengan obat-obatan umum yang dijual di pasaran atau pergi mengunjungi dokter dan meminta antibiotik. Berbagai motivator kesehatan dan para ahli gizi pun memaparkan tips kesehatan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Air Mineral & Jeruk

Tips sehat pertama, kembalikan keseimbangan asam-basa tubuh dengan minum jus jeruk nipis segar atau menambahkannya ke teh atau masakan. Hal ini akan membantu menjaga "iklim" tubuh pada pH yang mendukung bakteri sehat, bukan virus dan bakteri yang merugikan yang berkembang dalam lingkungan asam lebih.

 

Ragam Warna Sayur & Buah

Tubuh membutuhkan 45 zat gizi  tiap harinya. Sebanyak 20 dari zat gizi tersebut bersifat esensial dan harus terpenuhi. Zat gizi esensial yaitu karbohidrat, protein (lengkap dengan asam amino esensial), lemak (lengkap dengan asam lemak esensial: linoleat dan linolenat), vitamin dan mineral.

Sayangnya, kita sering mengonsumsi makanan secara tidak lengkap. Ketidaklengkapan ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Agar mendapatkan manfaat terbaik dari buah dan sayuran maka dianjurkan mengikuti tips sehat, yakni mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak mungkin, dengan variasi warna yang beragam. Tiap buah dan sayuran memiliki keunggulan masing-masing, yang bila digabungkan menjadi satu, bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Perhatikan pula sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi mentah tanpa diolah. Jika Anda tetap ingin mengolahnya, pastikan sayuran tidak dimasak terlalu matang. Anda cukup menumisnya sebentar agar kandungan gizi dalam sayuran tidak hilang karena terpapar panas berlebih.

   

Jumlah Cairan yang Masuk

Agar metabolisme tubuh lancar, cairan dibutuhkan untuk membuang zat-zat tak berguna seperti kuman. Setiap orang pun memiliki jumlah kebutuhan cairan yang berbeda, mulai dari jenis kelamin, umur, hingga berapa banyak sayuran dan buah yang dikonsumsi. Tips sehat termudah adalah mendengarkan suara tubuh dimana saat haus, langsung minum air putih untuk melepas dahaga, bukan minuman yang bisa dikemas dengan berbagai perasa atau pemanis.

 

Tidur

Idealnya tidur dilakukan 7-8 jam sehari. Namun, kenyataannya banyak diambil untuk bermain gadget atau berkutat di media sosial di tempat tidur. Kurangnya waktu tidur adalah faktor pencetus menurunnya daya tahan tubuh. Tips kesehatan paling umun adalah walaupun pola makannya sudah baik, tidur yang cukup pun tetap diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Baca juga: Probiotik Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh si Kecil

 

Olahraga Hingga Berkeringat

Olahraga berguna untuk melancarkan aliran darah dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Sibuk bukan alasan yang tepat karena dengan 30 menit saja sehari berolahraga terbilang cukup. Olahraga yang dilakukan pun harus berkualitas dan bukan hanya masuk ke klub kebugaran tanpa mengeluarkan keringat setetespun. Keluarnya keringat merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan kuman lewat cairan dari pori-pori.

 

Tertawa & Santai

Manusia hidup pasti akan mengalami perasaan depresi, stres, sedih, takut, dan pesimistis. Hal ini bisa membuat imunitas tubuh melemah. Salah satu jalan untuk meringankan efek stres adalah tertawa dan menjalani segala sesuatunya dengan santai. Santai bukan berarti lambat dan menunda-nunda pekerjaan. Membagi waktu dengan berkumpul dengan teman-teman, tertawa hingga berekreasi bisa menjadi penawar tekanan yang meningkatkan hormon endorfin untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait