©shutterstock

Jangan Salah, Salad Justru Juga Bisa Bikin Gemuk

Banyak orang berpikir salad adalah makanan paling tepat untuk menurunkan berat badan. Tapi siapa sangka ternyata salad malah bisa membuat badan Anda gemuk. Lho kok bisa? Tanya Zuckerbrot, RD, penulis buku The F-Factor Diet mengatakan, topping salad berpengaruh besar terhadap jumlah kalori dan lemak dalam salad tersebut. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk tidak menambahkan banyak pasta dan menggantinya dengan topping sehat.

Selain itu, masih ada alasan lagi yang menyebabkan salad malah membuat badan Anda makin berisi. Beberapa di antaranya bisa disimak dalam ulasan berikut ini.

Keju tabur

Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang bagus. Sayangnya hampir semua varian keju mengandung banyak lemak dan tinggi kalori. Dalam satu cangkir keju parut cheddar ada sekitar 18g lemak dan 225 kalori. Jumlah ini tentu saja cukup besar sehingga berdampak buruk bagi Anda yang sedang berjuang diet. Jika ingin menambahkan keju tabur cukup berikan satu atau dua sendok makan saja, jangan terlalu banyak agar berat badan tetap stabil.

Crispy noodle

Di Asia, menambahkan mie kering dalam salad adalah hal yang biasa. Namun, hal ini malah menambah jumlah lemak dan kalori di dalamnya. Zuckerbrot mengungkapkan bahwa mie kering mengandung 130 kalori, 5 gram lemak, dan lebih dari 200 mg natrium tiap setengah cangkir. Cukup banyak bukan? Lebih baik hindari menambahkan topping ini ya, Bu.

Bacon kalkun

Daging pipih yang satu ini memang menjadi topping salad favorit bagi banyak orang. Beberapa jenis bacon bahkan hanya mengandung 0 gram lemak jenuh. Sayangnya, jumlah ini tidak sepadan dengan kalori di dalamnya. Secangkir bacon kalkun mengandung 157 kalori dan 11,5 gram lemak total. Sekarang, coba bandingkan dengan secangkir ham asap yang memiliki  40 kalori dan 5,5g lemak. Jumlah kalori dalam bacon tentu saja lebih banyak. Maka dari itu, jika ingin menambahkan daging dalam salad, pilih ham asap saja, Bu. Rasnya tak kalah lezat lho dari bacon kalkun.

Setiap makanan pasti memiliki sisi baik dan buruknya. Kalau ingin merasakan makan sehat, maka Anda juga harus mempertimbangkan beragam topping dan cara pengolahannya. Semoga informasi tadi bisa membantu ya. Semoga dietnya berhasil, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait