Jenis-Jenis Exercise yang Bisa Dilakukan di Rumah Bersama Anak

Tidak perlu pergi ke pusat olahraga di tengah kota untuk olahraga seru bersama anak. Ibu bisa memanfaatkan hal yang ada dalam rumah untuk mengolah tubuh bersama anak agar tetap fit.

Ibu tidak harus meninggalkan anak untuk berolahraga, bahkan Ibu bisa tetap sehat bersama si kecil.

Naik turun tangga

Ibu bisa mengajak anak naik dan turun tangga, tapi sambil membuat permainan sederhana memindahkan barang dari lantai atas ke lantai bawah, dan sebaliknya. Berjalan naik-turun tangga membakar kalori lebih banyak daripada Ibu berjalan di tempat datar. Menaiki tangga dapat membakar 530 sampai 835 kalori per jam, bandingkan dengan jalan cepat 4 meter per jam yang hanya membakar 295 kalori.

Latihan squat

Ibu bisa melatih otot paha dengan melakukan gerakan squat sambil menggendong anak di punggung, atau di bahu, buat seolah-olah dia sedang naik lift. Hati-hati, pastikan Ibu cukup kuat menahan berat tubuh si kecil.

Peregangan

Di sela-sela menonton televisi atau bermain video games bersama anak, Ibu dapat mengajaknya melakukan peregangan tubuh di sofa. Sambil duduk, Ibu dapat menaik-turunkan dan memutar bahu, melakukan peregangan pada lengan, memutar-mutar pergelangan kaki, serta melemaskan otot leher.

Baca Juga : Jauhkan Stress dengan Berolahraga

Skipping

Masih ingat permainan lompat tali? Kurang lebih prinsipnya sama, namun kali ini Ibu bisa melakukannya sambil bermain dengan si kecil. Jika sulit bagi Ibu melakukan gerakan layaknya permainan lompat tali, gunakanlah gerakan skipping seperti biasa. Gerakan skipping merupakan pengganti lari sebagai latihan cardio yang berguna bagi kesehatan jantung.

Parenting memang melelahkan, namun kalau bisa dilakukan sambil membuat kita sehat, kenapa tidak. Ibu bisa lebih dekat dengan anak, badan pun tetap fit.

Share artikel ini:

Artikel Terkait