vote

Kampanye Kesadaran Nutrisi: Perhatikan Label Gizi

Di Indonesia kesadaran membaca label gizi masih rendah, karena kita tidak menganggap penting informasi gizi dalam kemasan pangan. Padahal, saat ini berbagai penyakit yang muncul di masyarakat erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

  • Rate Artikel ini

Apa yang Ibu perhatikan ketika membeli produk pangan kemasan? Jawaban khas orang Indonesia: Harganya! Ini berbeda dengan jawaban orang-orang di negara maju, mereka menjawab: Kandungan kalorinya!

Mengapa masyarakat di negara maju sangat memperhatikan kandungan kalori? Karena prevalensi obesitas di masyarakatnya sudah menjadi masalah kesehatan yang serius. Di Indonesia kesadaran membaca label gizi masih rendah, karena kita tidak menganggap penting informasi gizi dalam kemasan pangan. Padahal, saat ini berbagai penyakit yang muncul di masyarakat erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.  Dengan memahami dan memperhatikan label gizi, maka  kita sebenarnya sedang mengimplementasikan salah satu anjuran pedoman gizi seimbang yang berbunyi: BIASAKAN MEMBACA LABEL PADA KEMASAN PANGAN.

Informasi apa yang harus dicermati? Umumnya pangan kemasan hanya mencantumkan kandungan gizi yang perlu yaitu kalori, karbohidrat, lemak, dan protein. Tentu saja produsen masih bisa menambah kandungan gizi lain sesuai dengan gizi unggulan yang terdapat dalam produknya, misalnya vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan lainnya.

Fakta gizi (nutrition facts) yang muncul dalam kemasan juga bisa menjadi landasan produsen untuk menuliskan klaim kesehatan yang relevan dengan produknya, misalnya: high calcium, high fiber, low fat, low cholesterol, dan lainnya.

Di dalam label gizi tidak semua angka yang tinggi dianggap baik.  Untuk beberapa jenis zat gizi seperti natrium, orang justru menyukai produk yang rendah natrium (rendah garam), demikian pula lemak. 

Membandingkan kandungan gizi untuk produk pangan kemasan sejenis menjadi sangat penting agar kita lebih efisien dalam membelanjakan uang kita.  Dengan membaca label gizi kita bisa lebih mengetahui gizi apa dan jumlahnya berapa yang masuk ke dalam tubuh kita saat kita mengonsumsi pangan kemasan. 

Yuk, Bu, jaga asupan keluarga sehari-hari dengan membiasakan membaca dan memahami label gizi pada kemasan pangan yang ibu beli!

Terbaru