Kegagalan Yang Sering Terjadi Saat Masak

Banyak orang menilai memasak adalah pekerjaan yang sepele, namun sebenarnya dalam memasak diperlukan keahlian dan ketrampilan khusus lho. Jika Anda melihat acara memasak di televisi, Anda pasti bertanya-tanya mengapa mereka memiliki kemampuan mengubah bahan-bahan menjadi makanan lezat. Sedangkan, Anda kesulitan untuk menirukannya padahal telah memiliki resep yang sama persis.

Well, ketika memasak ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan seperti cara membersihkan bahan, komposisi bumbu serta teknik memasak yang benar. Simak baik-baik ya.

Masakan terlalu matang

Pastikan untuk selalu memeriksa makanan saat mengoreng, menumis, mengukus atau yang lainnya. Jika seharusnya masakan Anda membutuhkan waktu masak selama 25 menit, periksa pada menit ke-20 ketika masakan hampir matang. Kesalahan yang sering terjadi adalah Anda sering meninggalkan dapur atau mengerjalan hal lain saat proses memasak. Untuk lebih aman, gunakan timer masak sebagai pengingat.

Penggunaan bumbu rempah

Bumbu rempah memiliki kemampuan untuk membuat makanan menjadi lebih keluar rasa alaminya dan membuat semakin beraroma. Namun, banyak ibu yang merasa masakannya masih hambar walaupun telah menggunakan takaran bumbu sesuai resep. Jangan berkecil hati, jika hal ini terjadi pada masakan Anda tambahkan sedikit gula, garam dan air jeruk nipis atau cuka. Kombinasi bumbu tersebut mampu membuat masakan Anda terasa pas.

Masakan keasinan

Untuk menghindari masakan yang keasinan, ada metode tersendiri yang harus digunakan. Kesalahan yang sering terjadi adalah memasukkan garam pada tahap awal memasak. Seiring lamanya proses memasak, air akan menguap yang masakan terasa lebih asin. Jadi waktu yang tepat untuk menambahkan garam adalah sesaat sebelum masakan diangkat.

Daging yang kurang empuk

Membuat daging terasa lebih empuk mudah saja kok. Bungkus daging dengan daun pepaya dan rendam dengan potongan buah nanas. Eits, jangan merasa aneh dulu. Daun pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk mengempukkan daging. Sedangkan buah nanas mengandung enzim bromelin yang dapat mengempukkan tekstur daging.

Walaupun Anda bukan koki, tapi Anda bisa menjadi koki bagi keluarga dan menjadi kebanggaan putra dan putri di rumah. Tidak ada salahnya juga jika suatu saat nanti Anda mengadakan acara memasak bersama si kecil untuk lebih mempererat hubungan keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait