@shutterstock

Kelebihan Kalsium Pada Susu

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh  untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nah, sumber kalsium tertinggi terdapat pada susu lho. Dr. Handrawan Nadesul, contributor Nestle, mengatakan susu bukan hanya sekedar asupan cairan melainkan sumber nutrisi terlengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tubuh yang terdiri dari tulang belulang membutuhkan kalsium sepanjang hayat untuk memelihara kesehatannya. Selain itu, kerja otot dan jantung juga membutuhkan kalsium agar dapat bekerja dengan optimal. Begitu pentingnya asupan kalsium dalam tubuh membuat tubuh yang kekurangan kalsium mengalami penipisan atau terancam keropos.

Tulang yang mengalami penipisan berisiko mudah patah karena massa tulang kurang padat. Kualitas tulang sendiri ditentukan oleh seberapa padat tulang terbentuk. Oleh karena itu, konsumsi kalsium sejak dini diperlukan untuk mendapatkan tulang kuat dan padat hingga lanjut usia.

Selain tulang, kualitas gigi yang baik juga ditentukan oleh seberapa kecukupan kalsium yang membentuknya. Tidak cukup hanya benih gigi yang unggul saja, kurangnya kalsium akan membuat gigi yang terbentuk rentan keropos dan lekas rusak. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan kalsium harian Anda dan keluarga untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat.

Semua orang dengan berbagai usia membutuhkan asupan kalsium yang cukup bagi tubuh. Namun, wanita dinilai yang membutuhkan kalsium lebih besar karena mengalami menstruasi, kehamilan dan menyusui.

Saat menstruasi, tubuh akan memproduksi darah baru dari tulang belakang. Nah, kalsium berperan untuk menghasilkan kebutuhan darah baru tersebut. Kemudian, pada masa kehamilan dan menyusui dibutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk memberikan manfaat kalsium pada anak yang sedang dikandung atau yang sedang menyusui. Itulah mengapa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis.

Untuk menghindari kurangnya kalsium di usia lanjut, tentunya lebih baik jika membiasakan minum susu sedini mungkin. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait