Kenali Khasiat dan Resep Minuman Sehat untuk Tubuh Anda

Tubuh manusia kurang lebih terdiri dari cairan (air dan elektrolit) sebesar 60% dari total berat badan Faktor yang mempengaruhi jumlah cairan tubuh adalah umur, jenis kelamin, dan kandungan lemak dalam tubuh. Secara proporsional pun pria mempunyai lebih banyak cairan tubuh dibandingkan dengan wanita.

Itulah sebabnya cairan memegang peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Minuman sehat apakah yang paling baik dikonsumsi manusia? Harvard School of Public Health pun melakukan studi dan menemukan inilah minuman kesehatan terbaik bagi manusia dan khasiatnya.

 

Air mineral

Pilihan terbaik jatuh kepada air mineral untuk melepas dahaga dan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Dengan nol kalori, air menjadi pilihan minuman sehat utama untuk menjaga metabolisme. Institute of Medicine menyarankan lelaki untuk mengonsumsi 3 liter (13 gelas) dari jumlah minuman setiap harinya, sedangkan perempuan sebaiknya mengonsumsi 2,2 liter (sekitar 9 gelas) dari jumlah minuman setiap harinya. Air mineral pun menjadi basis dari resep minuman sehat dan segar lainnya.

 

Infused Water

Resep minuman sehat yang satu ini merupakan variasi menyegarkan dari cara mengonsumsi air mineral. Dengan menambahkan buah segar, maka khasiat dari buah pun seakan ‘diinfus’ ke dalam air dan memberikan citarasa baru. Berbagai manfaat dari buah-buahan yang berbedapun bisa dirasakan dengan mengonsumsinya. Cara membuatnya pun cukup mudah dan murah. Buah yang umum digunakan adalah lemon, mentimun, jeruk, belimbing, strawberry, dan masih banyak lagi. Fungsi utamanya diklaim membantu proses detoks tubuh.

 

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Minuman dari Rempah

 

Teh

Menyeduh teh dengan air panas menjadi tradisi khas berbagai negara seperti China dan Inggris. Resep minuman sehat ini bermanfaat bagi kesehatan sesuai jenis daun teh yang digunakan seperti mengurangi risiko osteoporosis, kanker, penyakit jantung dan penyumbatan darah seperti yang diungkap Dan Nadeau, MD, Direktur medis dari Inggris. Manfaat lainnya juga baik untuk kecantikan seperti menguatkan gigi dan menangkal radikal bebas.

"Satu atau dua cangkir saja cukup," terang Dr Zuo Feng Zhang dari UCLA, seperti yang dikutip FitSugar. Sementara itu, ahli dari University of Maryland Medical Center juga menyarankan kalau dua sampai tiga cangkir teh hijau sudah ampuh memberikan khasiat kesehatan pada tubuh.

 

Susu Rendah Lemak

Menurut Molly Pelzer, ahli gizi dari Iowa, susu jenis ini memiliki segala manfaat susu namun dengan kadar lemak rendah. Karbohidrat, protein, kalsium dan vitamin D menjadi satu dengan rasa yang menyegarkan. Hampir semua vitamin dan mineral juga terkandung dalam minuman sehat ini berguna untuk pertumbuhan dan menjaga vitalitas.

 

Jus Buah

Buah yang diblender bersama air mineral atau tidak sama sekali akan menjadi jus dengan rasa yang beragam. Khasiat dari tiap buah yang dijus tentu bervariasi namun sejatinya memberikan nutrisi vitamin C dan serat yang tinggi. Ia pun akan mudah dicerna tubuh karena telah menjadi cairan. Hindari menggunakan gula karena buah sudah mengandung gula alami sebagai minuman sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait