Kenali Manfaat Olahraga Sepeda bagi Tubuh

Apakah Ibu dan keluarga suka bersepeda bersama di akhir pekan? Bersepeda memang aktivitas fisik yang bisa dinikmati oleh Ibu, Ayah dan juga si Kecil. Selain menyenangkan, bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh lho, Bu. Karenanya, menjadikan olahraga sepeda sebagai rutinitas keluarga akan lebih baik daripada hanya bersantai di depan televisi. Yuk, cermati apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan!

 

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Olahraga sepeda termasuk aktivitas kardio, yang berarti saat kita bersepeda maka jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah akan meningkat kerjanya. Maka, bersepeda dapat menguatkan otot jantung dan menurunkan tekanan darah. Aktivitas fisik ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko jantung koroner. Selain itu, bersepeda juga menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah sehingga oksigen dapat diantarkan darah ke seluruh tubuh secara optimal.

 

  1. Menguatkan otot

Saat Ibu bersepeda, hampir seluruh otot di tubuh Ibu ikut bekerja. Jika olahraga sepeda dilakukan secara rutin, maka otot akan terbentuk, menjadi semakin kuat dan fleksibel. Semakin banyak masa otot yang terbentuk, maka semakin mudah tubuh membakar lemak. Selain itu, manfaat olahraga sepeda lainnya adalah melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh sehingga baik bagi si Kecil yang dalam proses tumbuh kembang.

 

 

  1. Membantu menjaga berat badan

Seperti yang disebutkan di atas, ketika berolahraga sepeda kerja jantung dan otot akan menjadi optimal. Efek berikutnya adalah metabolisme tubuh dam pembakaran kalori meningkat. Tentunya, olahraga sepeda tetap harus disertai dengan makanan bernutrisi seimbang agar berat bedan tetap ideal ya, Bu.

 

  1. Baik bagi sendi

Manfaat olahraga sepeda lainnya adalah menjaga kesehatan sendi karena bersepeda ternyata mengurangi beban pada daerah lutut dan pergelangan kaki dibandingkan dengan aktivitas olahraga lainnya. Saat bersepeda, beban tubuh akan bertumpu pada tulang di daerah pelvis dan bukan pada sendi di kaki. Di saat yang sama, sendi pada lengan dan tungkai, seperti pada siku, lutut, pergelangan kaki dan pergelangan tangan, tetap terlatih.

 

Yuk isi kegiatan di pagi hari saat liburan dengan bersepeda bersama keluarga, Bu. Selain mendapatkan beragam manfaat diatas, bersepeda bersama juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menguatkan hubungan dalam keluarga lho.

Share artikel ini:

Artikel Terkait