Kenali Nutrisi Salad Buah Sederhana

Membuat salad buah sederhana bisa jadi cara agar si Kecil suka makan buah. Bukan hanya si Kecil, seluruh anggota keluarga pasti senang menikmati salad buah yang menyegarkan. Selain itu, dengan membuat sendiri hidangan bagi keluarga, Ibu dapat memastikan kebersihan bahan-bahan yang digunakan, menghindari bahan pangan yang menimbulkan alergi dan memastikan nutrisi yang terkandung dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Secara umum Ibu tentu tahu bahwa salad yang terbuat dari buah-buahan segar baik untuk kesehatan. Nah, buah-buahan apa saja sih yang dapat digunakan untuk membuat salad buah dan apa kandungan gizinya? Dengan mengenal kandungan gizi buah-buahan tersebut, Ibu tentu akan dapat menyiapkan resep salad buah sederhana dengan nutrisi optimal bagi keluarga tercinta.

1. Menghitung kalori

Walau identik dengan hidangan rendah kalori, ternyata salad buah bisa juga tinggi kalorinya jika kurang tepat memilih buah. Berapa banyak kalori yang terdapat dalam resep salad buah sederhana memang akan tergantung pada jenis dan jumlah buah yang digunakan. Misalnya, menurut U.S. Department of Agriculture 1 cup stroberi mengandung 53 kalori sementara semangka dalam jumlah yang sama mengandung 46 kalori, apel mengandung 57 kalori, pisang mengandung 134 kalori, jeruk mengandung 81 kalori, bluberi mengandung 84 kalori. Menambahkan pemanis seperti gula dan sirup juga dapat meningkatkan kalori dalam salad buah yang Ibu buat. Untuk menyiasatinya, Ibu dapat menggunakan jenis buah yang secara alami rasanya sudah manis.

2. Mengandung Gizi Mikro

Saat menyiapkan makanan sehat bagi keluarga, sering kali kita lupa memikirkan tentang gizi mikro karena terlalu fokusnya selalu pada gizi makro. Padahal, gizi mikro sama pentingnya untuk pertumbuhan si Kecil. Untuk memastikan asupan zat gizi makro dan zat gizi mikro seimbang dalam salad buah yang Ibu buat, Ibu perlu mengkombinasikan beberapa jenis buah secara cermat. Misalnya dengan menkombinasikan buah kiwi yang kaya akan potassium dan vitamin C, melon yang mengandung vitamin A dan stroberi yang mengandung asam folat dan antioksidan untuk membuat salad buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kaya serat

Buah-buahan segar kaya akan vitamin, mineral dan serat dalam setiap sajiannya tetapi rendah kalori. Karena mengandung banyak serat, maka salad buah dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama karena makanan kaya serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah, telan dan lebih lama larut dalam tubuh. Sebagai contoh, 1 cup buah kalengan mengandung 2.5 gram serat, sementara hampir semua buah segar lainnya, mengandung serat lebih tinggi dari itu.

4. Buah apa yang digunakan?

Banyak buah-buahan yang dapat Ibu gunakan untuk membuat salad buah sederhana. Ibu bisa memilih buah yang rasanya segar, baik manis maupun asam. Berikut diantaranya:

  • Jeruk

Jeruk dalam salad buah selain menghadirkan rasa segar juga kaya akan vitamin C yang dapat mendukung system imun tubuh, tidak mengandung lemak dan sumber serat yang baik. Sebagai tambahan, kandungan fruktosa dalam jeruk dapat membantu menjaga kadar gula darah.

  • Apel

Apel kaya akan serat, vitamin C dan berbagai jenis antioksidan. Selain itu apel juga mengandung karbohidrat dan gula sederhana seperti fruktosa, sukrosa dan glukosa. Meskipunbegitu, indeks glikemik apel masih tergolong rendah sehingga tetap dapat menjaga kadar gula darah.

  • Stroberi

Tahukah Ibu bahwa 1 cup stroberi mengandung 160% kebutuhan vitamin C harian? Selain itu, stroberi juga kaya kandungan folat dan potassium. Karbohidrat yang ada dalam stroberi sebagian besar terdiri dari serat dan gula sederhana, sehingga indeks glikemik stroberi tetap rendah.

  • Anggur

Anggur, seperti juga jenis buah lain yang dapat dimakan bersama kulitnya, kaya akan serat. Selain itu, anggur juga merupakan sumber vitamin B6 yang berperan dalam fungsi kerja otak. Semua jenis anggur mengandung polifenol yang memiliki manfaat antioksidan tinggi.

  • Kiwi

Kandungan vitamin C buah kiwi bisa mencapai 250% dari kebutuhan vitamin C harian lho, Bu. Selain itu kiwi juga kaya akan vitamin E, vitamin K, serat, potasium dan juga antioksidan. Dengan segala nutrisi yang dikandungnya ini, kiwi dapat membantu meningkatkan sistem imun.

  • Melon

Jika ingin menghadirkan rasa manis dalam salad buah, melon adalah pilihan yang tepat. Melon mengandung beta karoten yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Melon juga mengandung vitamin C,folat, potasium dan serat.

Selain memilih buah yang tepat untuk menu salad buah, Ibu juga perlu memperhatikan porsi dalam satu sajian ya, agar manfaat yang buah tawarkan ini dapat dimaksimalkan oleh tubuh. Perlu Ibu ingat juga bahwa porsi untuk si Kecil adalah setengah dari porsi orang dewasa. Selamat membuat salad buah ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait