Kiat Awal Kenalkan Sayur dan Buah Pada Anak

Buah  dan sayur menjadi salah satu makanan yang bergizi tinggi. Kedua makanan ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Selain menjadi sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, buah dan sayur juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. Meski begitu, makanan ini kurang disukai oleh anak-anak. Belum ada alasan yang jelas, kenapa anak kurang begitu menyukainya. Yang jelas, sebagai seorang Ibu, Anda perlu mengenalkan makanan sehat ini pada anak sejak dini. Lebih lengkap, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Buah-buahan manis

Salah satu faktor yang menjadi alasan anak kurang suka dengan buah adalah rasa. Anak-anak lebih suka makanan yang manis, sehingga sajikan buah yang manis-manis. Misalnya saja, anggur, pisang, apel dan juga semangka. Langkah ini akan menanamkan pemahaman pada anak, bahwa sebenarnya buah-buahan itu memiliki rasa yang enak dan juga manis. Bila berhasil, mulailah untuk mengenalkan beragam buah dengan rasa yang berbeda, agar si kecil benar-benar gemar makan buah hingga tumbuh dewasa.

Sayuran warna-warni

Karena tidak semua sayuran memiliki rasa yang manis, untuk menyiasatinya manfaatkan warna. Pilihlah beragam sayuran dengan aneka warna, seperti bunga kol, paprika merah, wortel, brokoli dan lobak putih. Bila dikombinasikan, sayuran ini akan lebih mudah menarik perhatian si kecil untuk mencobanya. Kreasikan menjadi olahan yang lezat dan sehat, supaya buah hati Anda lebih tergoda untuk mencicipinya.

Utamakan kesegaran

Jangan merusak momen pertama si kecil berkenalan dengan buah dan sayur yang busuk. Selain rasanya kurang enak, juga menimbulkan bau asam yang kurang sedap untuk dinikmati. Si kecil pun bisa enggan untuk makan buah atau sayur seterusnya. Sebaliknya, pilihlah buah dan sayuran yang segar, agar anak begitu antusias untuk mencoba mengigitnya.

Sajian yang menarik

Tiba yang terakhir adalah penyajian. Jangan pernah melupakan sajian yang menarik. Ingat, buah hati Anda masih kecil dan dia sangat suka dengan hal-hal yang bisa menarik perhatiannya. Untuk sayuran, jangan sampai terlalu matang saat memasaknya, supaya anak-anak tidak memalingkan wajah ketika melihatnya. Sementara untuk buah, sajikan dengan potongan yang kecil maupun bentuk yang lucu. Yang tak boleh terlupakan, sajikan dengan porsi yang sesuai dan tak berlebihan.

Demikian, kiat awal yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan sayuran dan buah-buahan pada si kecil. Sukses ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait