©shutterstock

Kiat Memilih Timun Tanpa Rasa Pahit

Mentimun adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Di Indonesia, timun sering disantap segar bersamaan dengan sambal, kacang panjang, kubis, dan ikan goreng. Teksturnya yang renyah dan airnya yang melimpah membuat rasa pedas sambal tidak begitu nendang di mulut.

Namun kalau tidak pintar-pintar memilih, Anda bisa mendapatkan timun yang pahit dan lembek.  Penyebabnya yaitu kandungan pestisida dalam timun tersebut terlalu banyak dan juga cara penyimpanannya tidak benar. Kalau secara tidak sengaja Anda makan timun yang pahit, langsung buang dan minum air putih supaya rasa di mulut kembali netral.

Nah, karena alasan itulah ada baiknya untuk menyimak kiat memilih timun berikut ini.

Lihat Warnanya

Ketika beli timun di supermarket atau di pasar, pilihlah yang berwarna terang. Hindari membeli timun jika warnanya sudah kusam dan berkeringat karena  hal tersebut menunjukkan bahwa kualitasnya tidak bagus.

Tekan-Tekan

Cara kedua adalah dengan menekan bagian badan timun. Jika terasa empuk atau lembek, segera kembalikan  ketempatnya karena itu berarti timun  tidak segar. Pilih yang sekiranya sedikit keras ketika ditekan untuk mendapatkan timun dengan kualitas bagus.

Postur

Timun yang bagus juga dilihat dari posturnya. Pilih timun yang memiliki postur tegap hingga ke ujungnya. Hal ini menunjukkan kalau timun tersebut segar dan bebas rasa pahit.

Noda

Kalau timun yang Anda beli memiliki noda berupa bintik-bintik lembut atau warnanya sudah berubah kuning, lebih baik buang saja. Hal tersebut memperlihatkan bahwa timun memiliki kualitas buruk dan sudah tidak segar lagi. Termasuk jika timun mudah bengkok.

Gampang kan? Dengan mengikuti kiat-kiat tadi, maka keluarga akan terhindar dari makanan dengan kulitas buruk. Di samping itu, timun yang bagus akan memberikan rasa yang lebih segar dan lezat serta membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Oh ya, tahu tidak ternyata timun juga bisa digunakan untuk kecantikan. Kalau Anda memilki masalah dengan mata panda atau kantung mata, cukup letakkan timun di atas mata dan diamkan selama beberapa menit. Perawatan setiap hari akan membuat mata kembali segar. Tidak percaya? Yuk segera dicoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait