Kreasi Es Buah Segar & Kaya Gizi

Ibu tentu tahu bahwa dalam menyiapkan menu berbuka bagi keluarga, asupan gizi juga perlu diperhatikan agar menu berbuka tak hanya mengenyangkan tetapi juga bagian dari pemenuhan kebutuhan gizi harian saat berpuasa. Yang pasti, menu berbuka sebaiknya terdiri dari cairan untuk menghindari dehidrasi setelah berpuasa, menu yang manis untuk meningkatkan kadar gula darah dan mengembalikan energi, serta bergizi. Salah satu menu yang sesuai tentunya adalah es buah, bukan?  

Selain menyegarkan, es buah juga mengandung banyak gizi. Buah-buahan tentu kaya akan vitamin, misalnya kandungan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan strawberry. Buah-buahan juga merupakan sumber serat dan sumber gula alami yang baik bagi tubuh.

Ketika menyajikan es buah untuk menu berbuka, jangan sekedar menambahkan potongan buah ke dalam sirup ya, Bu. Ada banyak kreasi es buah campur segar dan sehat yang dapat Ibu coba agar menu berbuka keluarga selalu bervariasi. Yuk, simak beberapa resep berikut ini.

  • Es Green Hawaii

Gambar 1. Es Green Hawaii

Mentimun ternyata bisa jadi pilihan untuk membuat es buah lho, Bu. Supaya makin lezat dan menambah gizi dalam sajian ini, Ibu bisa menambahkan potongan nanas dan alpukat juga. Untuk membuat es buah segar tanpa susu ini, Ibu hanya perlu mencampur potongan buah-buahan tadi dengan air kelapa. Air kelapa akan memberi rasa manis serta mangandung elektrolit, tentunya baik disajikan sebagai menu berbuka puasa untuk menghilangkan dahaga. Lihat resep lengkapnya di siniya, Bu.

 

  • Es Kelapa Agar Agar Selasih 

Gambar 2. Es Kelapa Agar Agar Selasih

 

Resep yang satu ini bisa menjadi hidangan favorit untuk keluarga karena cara pembuatannya sangat mudah, bahan makanan yang digunakan disukai oleh si Kecil dan memiliki kandungan gizi yang penting didapatkan setelah berpuasa seharian. Daging kelapa muda mengandung protein, kalsium, fosfor zat besi, dan vitamin C lho, bu! Selain itu juga biji selasih yang terdapat pada menu ini sangat membantu menyegarkan tenggorokan selepas berpuasa seharian. Yuk sajikan menu inisaat berbuka nanti.
 

  • Cranberry Granita

Gambar 3. Cranberry Granita

 

Selain kaya akan antioksidan, buah cranberry juga mengandung vitamin C yang tinggi dan serat. Sementara itu, buah raspberry pun kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin maupun mineral yang baik bagi proses kerja tubuh. Termasuk di antaranya potassium, kalsium dan lutein. Kedua buah ini merupakan bahan dasar untuk membuat es buah Cranberry Granita yang menyegarkan. Ibu bisa membekukan buah cranberry juga raspberry terlebih dahulu dan kemudian diblender untuk dibuat menjadi sajian ini. Yuk, lihat resep lengkapnya di sinidan sajikan untuk berbuka puasa bersama keluarga.

 

Saat menggunakan buah-buahan segar untuk diolah menjadi es buah, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih semua buah yang Ibu beli terlebih dahulu, ya. Beberapa jenis buah dapat Ibu ptong-potong dan bekukan untuk diolah kemudian. Untuk mencegah perut cept terasa kenyang saat berbuka, gunakan es secukupnya saja. Ibu dapat menukar penggunaan gula dengan madu jika mau, walau buah sendiri sebenarnya sudah menghadirkan rasa manis alami. Untuk penyajiannya, pastikan si Kecil mendapatkan porsi yang sesuai dengan kebutuhannya ya, yaitu setengah dari porsi orang dewasa. Selamat mencoba, Bu!

 

 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait