©shutterstock

Kreasi Layang-layang Buatan Sendiri

Cuaca yang sedang berangin enaknya dinikmati sambil main layang-layang. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga mengasah ketrampilan si kecil dalam menerbangkan layang-layang. Tapi sebelum itu, bantu dia membuat kreasi layang-layang sendiri, yuk!

Sebelum mulai membuat terlebih dulu siapkan beberapa bahannya. Pertama, tentu saja tongkat bambu tipis dengan panjang 90 cm serta satunya lagi sepanjang 102 cm. Berikutnya kertas minyak atau yang biasa dipakai untuk layang-layang beragam warna. Jangan lupa menyiapkan lem, selotip, spidol, cat atau krayon yang bisa digunakan untuk menghias layang-layang hingga benang khusus layang-layang.

Setalh semua bahan terkumpul barulah memulai proses pembuatanya. Mulai dengan memotong kertas minyak dengan ukuran 102x102 cm, sisihkan. Setelah itu, buatlah tanda menyerupai salib dengan menempatkan tongkat pendek secara horizontal pada tongkat yang lebih panjang. Pastikan kedua sisinya sama lebar.

Rekatkan tongkat tadi dengan cara mengikat bagian tengahnya menggunakan benang. Setelah ikat setiap sudut tongkat bambu dengan benang hingga membentuk kerangka layang-layang. Usahakan tali yang melilit di sekitar tongkat terikat kencang agar nantinya kertas bisa menempel dengan sempurna.

Gelar kertas minyak yang tadi sudah dipotong. Letakkan rangka layang-layang  di atasnya, kemudian lipat bagian tepinya dan tempelkan ke rangka menggunakan lem. Kalau sudah, tunggu hingga lemnya kering baru hias menggunakan spidol ataupun krayon. Ajak si kecil menggambar bebas di atas layang-layangnya.

Supaya lebih menarik, tambahkan ekor di bagian bawahnya. Gunting benang sepanjang satu meter. Ikatkan pita berwarna-warni  setiap 20cm. Ikatkan rangkaian pita ini ke bagian bawah layang-layang.

Terakhir, buat lubang di antara rangka yang saling bersilangan. Masukkan benang ke salah satu lubang dan silangkan ke rangka. Seimbangkan, dan selesai! Layang-layang sudah siap diterbangkan.

Mudah bukan? Si kecil pasti senang sekali bisa menerbangkan layang-layang buatan sendiri. Saat bermain, jangan lupa untuk mendampingi si kecil. Kalau dia baru pertama kali main, ajari bagaimana cara menerbangkan dan menjaga keseimbangannya di langit bebas. Aktivitas ini bisa menjadi sarana yang bagus untuk meningkatkan kreativitas si kecil dan membuat hubungan keluarga semakin hangat.

Bosan main di lapangan? Ajak si kecil main ke pantai. Di sana, dia bisa menerbangkan layang-layangnya sambil menikmati suara deburan ombak yang begitu menyejukkan. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait