©shutterstock

Kuliner Murah Meriah Bali, di Sini Tempatnya!

Bali telah menjadi destinasi wisata yang terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak bisa dipungkiri gemerlap resort dan hotel di Bali membuat kuliner di pulau dewata ini berharga fantastis. Simak artikel berikut bagi mereka yang tetap ingin menikmati kuliner khas Bali dengan harga yang terjangkau.

Nasi Bali Bu Men Weti

Nasi campur khas Bali yang terletak di tepi pantai Sanur ini menjadi tujuan wajib bagi yang ingin merasakan kuliner khas Bali. Saking terkenalnya, pembeli harus sabar mengantri 20-30 menit untuk mendapatkan seporsi nasi campur pedas yang legendaries. Warung yang buka mulai pukul 8 pagi hingga 1 siang ini menyajikan sepiring nasi campur dengan lauk telur bumbu merah, ayam suwir, ikan suwir, sayur urap bali, dan sambal khas yang cukup pedas. Cukup rogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah.

Nasi Jinggo Denpasar

Sejenis dengan nasi kucing di Jawa, Nasi Jinggo telah tenar sebagai makanan pengganjal lapar dengan harga yang amat terjangkau. Dihargai 3-5 ribu rupiah, sajian ini terdiri dari nasi putih, lauk berupa telur, daging ayam atau sapi, mi, serta sambal yang pedas. Beberapa penjual juga menyajikan lauk tambahan berupa sate telur puyuh atau ceker ayam pedas. Penjual nasi Jinggo banyak ditemui di kawasan Denpasar, tapi yang paling populear adalah Warung Nasi Jinggo Bu Sami yang terletak di Jalan Setiabudi.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Seperti halnya nasi campur dan lawar, nasi ayam kedewatan adalah kuliner tradisional Bali. Salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang terletak di jalan Kedewatan, Ubud. Seporsi nasi ayam yang disajikan di restoran berarsitektur khas rumah Bali ini berisi nasi, daging ayam, telur, lawar, sate lilit, dan sambal matah. Sajian sedap ini hanya dibanderol 20 ribu rupiah saja lho. Bagi yang kurang suka dengan cita rasa pedas, sebaiknya memesan menu tanpa sambal matah.

Nasi Ayam Betutu Men Tempeh

Kurang lengkap rasanya jika ke Bali tanpa merasakan kelezatan ayam betutu. Ayam yang diolah dengan bumbu rempah Bali yang dimasak dalam bungkusan dibungkus daun pisang  ini mempunyai aroma dan citarasa yang luar biasa. Rumah makan Ayam Betutu Men Tempeh yang berdiri sejak tahun 1976 ini, patut dicoba. Terletak di terminal lama Gilimanuk, rumah makan ini mematok 28 ribu rupiah untuk seporsi ayam betutu yang lezat.

Ternyata banyak juga pilihan kuliner khas Bali yang masih terjangkau harganya lho. Nikmati kelezatannya saat berkunjung ke Bali ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait