@shutterstock

Kurang Asupan Karbohidrat Bisa Menimbulkan Efek Samping Lho

Diet bukan berarti menghilangkan asupan karbohidrat secara keseluruhan. Kalau sampai Anda kehilangan salah satu gizi penting ini, maka kesehatan juga ikut terganggu. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi jika Anda mengalami kekurangan karbohidrat. Simak ya!

Energi berkurang dan kelelahan secara fisik

Karbohidrat merupakan sumber energi di dalam tubuh. Nah, coba bayangkan kalau Anda kekurangan zat gizi yang satu ini? Kekuatan akan mengalami penurunan dan badan jadi mudah lelah.

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi  glukosa dan kemudian diserap oleh darah untuk diproses menjadi energi. Dilansir dari Livestrong, situs kesehatan dari Amerika, dijelaskan bahwa orang yang kekurangan karbohidrat akan mengalami penurunan kinerja atletik dan badan jadi gampang capek meskipun hanya bergerak sebentar.

Sembelit

Serat pangan termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks yang penting untuk pencernaan. Kalau Anda kekurangan karbohidrat, maka serat dalam tubuh juga ikut menurun sehingga pencernaan terganggu dan menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah supaya tubuh bisa bekerja dengan baik.

Pusing

Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk kekurangan karbohidrat. Ketika baru pertama kali menjalani diet rendah karbo, tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi sehingga membuat kepala pusing selama 3-4 hari. Begitu sudah terbiasa. Gangguan ini akan mereda dan Anda bisa beraktivitas normal lagi.

Ngidam gula

Efek samping yang satu ini sudah biasa terjadi. Dengan memotong asupan karbohidrat, keinginan untuk merasakan makanan manis akan bertambah sehingga membuat Anda ngidam berat. Untuk mengatasinya, segera konsumsi sejumlah karbohidrat lewat buah-buahan rendah lemak.

Setiap orang memiliki jumlah nutrisi harian yang berbeda-beda. Cukupi hal tersebut agar badan senantiasa sehat dan segar. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait