©shutterstock

Langkah Aman Bermain Baseball Bersama Si Kecil

Anda dan si kecil suka menghabiskan waktu bersama untuk bermain baseball? Tidak hanya seru, olahraga ini juga bisa mendorong si kecil belajar lebih fokus dan tangkas lho. Tapi, permainan ini rentan mengakibatkan cedera. Lalu, bagaimana cara aman memainkannya? Simak penjelasan berikut yuk.

Mempersiapkan perlengkapan
Pastikan Anda dan si kecil telah memakai perlengkapan yang dibutuhkan, seperti helm, pelindung siku dan lutut serta sarung tangan. Jika Anda bertugas menjadi catcher atau penangkap bola pastikan memakai helm yang melindungi muka dan sarung penangkap bola. Agar lebih yakin, bertanyalah pada pelatih apakah semua perlengkapan yang diperlukan sudah terpasang dengan baik.

Melakukan pemanasan
Sebelum mulai bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu ya. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi cedera atau kram di tengah permainan. Lakukan pemanasan seperti streching, jogging dan yang paling penting pemanasan untuk melempar bola dan memukul bola. Hal ini bertujuan agar otot tangan tidak kaku.

Jangan melempar bats sembarangan
Setelah memukul bola, pastikan jangan melempar bats atau pemukul sembarangan ya. Karena, bisa saja melukai orang lain. Cukup tinggalkan saja di bawah saat Anda bersiap untuk berlari.

Jangan melepas helm
Walaupun dalam keadaan tidak bermain, jangan mencoba untuk melepas helm di area lapangan. Karena, bisa saja bola dari kelompok lain mengenai kepala Anda. Apalagi saat bermain, walaupun sedang emosi, jangan lepaskan helm ya.

Baseball adalah olahraga yang sangat seru dan menantang. Namun, karena terdapat risiko cedera yang cukup tinggi, Anda dan si kecil harus selalu waspada dan berhati-hati ya. Selamat bermain baseball!

Share artikel ini:

Artikel Terkait