@shutterstock

Langkah Sederhana Membentuk Sushi Lebih Rapi

Salah satu makanan khas Jepang yang kian popular dinikmati oleh berbagai kalangan usia adalah sushi. Mumpung sedang akhir pekan, tidak ada salahnya mencoba membuat sushi sendiri si rumah, sebagai bekal piknik sambil menikmati pemandangan.

Simak tips-tips mudah berikut ini untuk membuat sushi yang rapi, padat, dan praktis dimakan.

Siapkan Nasi

Gunakan beras berbulir pendek-pendek, biasanya berlabel sushi rice. Sebelum memasaknya, cuci beras dengan air mengalir hingga sisa air menjadi bening, sekitar 5-6 kali. Proses ini diperlukan untuk menghilangkan pati di dalam beras sehingga tidak menghasilkan segumpalan nasi yang lengket. Jangan memasak nasi dengan panci di atas kompor karena sulit mendapatkan konsistensi yang diinginkan, pakai rice cooker untuk memasak beras dengan takaran air yang sudah ditentukan.

Larutan Cuka

Langkah kedua untuk membuat nasi sushi yang sempurna adalah dengan menambahkan larutan cuka yang disebut Su. Panaskan campuran 1 cangkir rice wine vinegar, ½ cangkir gula, dan ¼ cangkir sake atau mirin, lalu dinginkan. Tuang campuran ke atas nasi, aduk dengan perlahan, biarkan selama 10 menit, kemudian aduk lagi. Hasilnya, beras harus mengkilap, tidak lembek, dan memiliki rasa sedikit asam manis. Tutup dengan kain basah dan hangat untuk menjaga suhu nasi.

Mulai Menggulung

Alat penting yang digunakan untuk membuat sushi adalah makisu, alas bambu untuk menggulung. Bungkus makisu dengan plastik sebelum digunakan, untuk mencegah nasi menempel dan masuk ke celah-celah makisu. Selain menyulitkan untuk menggulung sushi, bentuknya juga jadi tidak rapi. Letakkan selembar nori atau rumput laut kering berbentuk lembaran, kemudian ambil segenggam nasi dan atur nasi pada akhir lembaran nori yang paling dekat dengan tubuh. Gunakan ujung jari untuk menyebarkan nasi ke seluruh permukaan nori dengan lembut.

Isi dan Potong Sushi

Setelah nasi siap, Anda dapat menaburkan biji wijen, tobiko (telur ikan), alpukat, salmon, tuna, dan daging kepiting imitasi. Bisa juga berkreasi dengan keju, sosis, timun, atau ayam. Potong bahan pengisi tipis-tipis dan jangan menempatkan terlalu banyak bahan karena akan menyulitkan untuk menggulungnya. Angkat tepi tikar yang paling dekat, lalu gulung sushi perlahan menggunakan jari-jari tangan sambil ditekan secara merata dan lembut, hingga membentuk persegi. Basahi sebilah pisau dan potong menjadi 2 bagian. Jejerkan sushi lalu potong menjadi 3 bagian, sehingga Anda mendapatkan 6 buah sushi dengan ukuran yang sama. Jangan menekan pisau terlalu kuat agar isi di dalam sushi tidak berhamburan keluar.

Bagaimana cukup mudah membuat sushi sendiri? Yuk membuatnya bersama si Kecil di rumah.

Share artikel ini:

Artikel Terkait