Langkah Tepat Mengolah Labu Siam

Saat mentah memang tak ada yang menarik dari labu siam. Sayuran berbentuk buah dengan warna hijau dan sedikit ada rambut halus di sekitar kulit buahnya. Namun, beda ceritanya usai Anda memasak sayuran ini. Dengan tambahan beragam bumbu yang komplit, labu siam menjelma menjadi sayuran yang enak dan melezatkan. Meski begitu, tak banyak orang yang paham bagaimana mengolah  sayuran ini, sehingga berujung pada rasa yang kurang pas di lidah. Bila Anda ingin memasak labu siam ini di rumah, tips berikut ini dapat menjadi solusinya.

Menghilangkan getah labu siam

Sayuran ini memiliki getah yang perlu dihilangkan sebelum siap untuk dijadikan sebuah hidangan. Potong pangkal buah ini, kemudian gosokkan bagian yang dipotong tersebut hingga tak keluar getah berwarna putih. Bisa juga Anda lakukan dengan cara memotong kecil-kecil dan merendamnya dalam air garam selama lima menit. Bilas dengan air bersih dan olah dengan resep yang sudah Anda siapkan.

Jangan masak terlalu matang

Sayuran yang sehat sebaiknya tidak dimasak terlalu matang. Demikian halnya dengan labu siam, jangan sampai memasak sayuran ini terlalu matang. Selain akan membuat teksturnya menjadi terlalu lunak dan lembek, juga akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Potong lebih banyak

Labu siam termasuk sayuran yang tak mudah atau cepat mengalami pembusukan. Potonglah yang banyak, usai Anda menghilangkan getahnya. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat dan  masukkan dalam kulkas. Lewat cara ini, labu siam akan bertahan dalam kurun waktu maksimal seminggu. Anda pun bisa langsung menggunakannya tanpa perlu repot-repot saat ingin mengolahnya.

Olahan yang tepat

Kebanyakan masyarakat menggunakan labu siam sebagai salah satu pelengkap sayuran lodeh. Cukup enak memang, namun Anda dapat mengombinasikannya menjadi hidangan menu yang lain. Anda dapat mengolah labu siam ini menjadi sayuran pecel, sambel godok, tumisan dna juga sambal goreng. Bahkan, beberapa menu daerah juga menambahkan labu siam ini ke dalam olahannya, seperti rawon yang identik dengan masakan Jawa Timur.

Bagaimana sudah siap kan untuk memasak labu siam ini di rumah?

Share artikel ini:

Artikel Terkait