©shutterstock

Lava Cake Enak di Hari Libur

Sedang ingin menghabiskan liburan di rumah saja? Wah, ini waktu yang tepat untuk mengajak si Kecil turun ke dapur. Buat kudapan yang mudah, sehat, dan praktis ya Lava Cake jawabannya. Cake cokelat yang sedap dikonsumsi saat hangat, dengan lelehan cokelat di dalamnya nggak akan ditolak keluarga.

Akan tetapi satu porsi penyajian Lava Cake ini bisa mengandung 390 kalori. Menurut Dana McCauley, ahli gizi asal Amerika, konsumsi kue masih diperbolehkan untuk Anda yang sedang menjalani hidup sehat, asal jumlahnya tidak melebihi 250 kalori per sajian. Coba tips-tips berikut ini untuk membuat Lava Cake yang lebih sehat tapi tetap enak.

Ganti Jenis Tepung

Dalam pembuatan cake, biasanya digunakan tepung protein sedang yang mengandung 75 gram karbohidrat per cangkir. Untuk Lava Cake yang lebih sehat, ganti tepung biasa dengan tepung rendah karbohidrat seperti tepung almon atau tepung oatmeal. Dalam ¼ cangkir tepung almon didapatkan kandungan karbohidrat sebesar 6 gram dan mengandung serat yang lebih besar dari tepung biasa, yaitu 3 gram. Sedangkan tepung oat mengandung 17 gram karbohidrat dan 3 gram serat yang baik untuk saluran pencernaan.

Hilangkan Gula Putih

Penggunaan gula yang cukup banyak dalam pembuatan Lava Cake menyumbang tingginya kalori di dalamnya. Ganti gula putih dengan madu atau gula palem yang mempunyai indeks glisemik lebih rendah. Selain itu, kedua bahan tersebut memberikan rasa dan aroma yang lebih sedap ketimbang menggunakan gula putih biasa. Jika mau, kurangi jumlah gula dalam resep untuk memotong kalori dan lebih menonjolkan rasa cokelat dalam Lava Cake.

Hilangkan Mentega

Mentega kaya akan lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. Untuk membuat Lava Cake lebih sehat, subtitusikan mentega dengan olive oil, bubur buah, atau yoghurt. Penggunaan olive oil memang tidak mengurangi kandungan lemak, tapi menggantinya dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat. Anda juga bisa mengganti sebagian mentega dengan puree buah seperti pisang atau apel, yang tetap membuat Lava Cake moist dan lezat.

Gunakan Dark Chocolate

Dalam memanggang Lava Cake, cokelat menjadi bahan utama. Untuk menambah manfaat bagi kesehatan, pilih dark chocolate ketimbang milk chocolate. Gunakan yang mengandung 65% cacao yang tinggi flavonoid dan lebih rendah kalori karena tanpa penambahan gula dan susu.

Nah Anda bisa menikmati  Lava Cake tanpa takut menambah kalori dan berat badan tubuh. hidangkan selagi hangat dengan tambahan buah-buahan segar seperti strawberry atau jeruk untuk menambah kelezatan dan nilai nutrisinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait