Lebih Kenal Dengan Hormon Pengontrol Gula Darah

Semua sel dalam tubuh membutuhkan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. Tubuh harus mempertahankan tingkat gula darah dalam ambang normal, karena jika terlalu rendah atau tinggi dapat merusak sel yang ada dalam tubuh. Akibatnya, tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Secara alami tubuh menghasilkan hormon yang bisa mengontrol kadar gula darah. Pankreas lah memainkan peran utama untuk menjaga keseimbangan hormon tersebut. Untuk lebih mengenal hormon pengontrol gula darah tersebut, simak penjelasan Mike Goel, Ahli Biomedik Amerika Serikat, berikut ini ya. 

Insulin

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh organ pankreas (sel-sel beta), yang berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat dan tingkat gula darah (glukosa) dalam tubuh. Insulin membantu tubuh untuk mempertahankan tingkat glukosa darah dalam keadaan normal. Selain itu, hormon ini juga mendorong proses pembentukan energi dalam tubuh.

Glukagon

Berkebalikan dengan fungsi insulin, glukagon adalah hormon penting yang beraksi ketika tubuh memerlukan lebih banyak kadar gula. Dengan memproduksi glukagon, tubuh mengubah glikogen menjadi molekul glukosa yang digunakan oleh sel-sel dalam jaringan lain. Jadi, ketika kadar glukosa darah menurun, glukagon akan melepaskan glikogen ke dalam darah.

Hormon lain

Pada sebuah artikel yang diterbitkan dalam American Journal of Psysiology Endocrinology and Metabolism pada tahun 2009 menyatakan bahwa katekolamin, kortisol dan hormon pertumbuhan dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh ketika insulin dan glukagon sudah tidak berfungsi lagi.

Bagaimana, Anda sudah lebih mengenal tentang hormon pengontrol gula darah ini kan. Walaupun sudah ada hormon tersebut yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, bukan berarti Anda dapat bebas memakan makanan yang tinggi kadar gulanya ya. Lebih baik menjaga pola makan agar insulin dan glukagon tidak bekerja terlalu keras.

Share artikel ini:

Artikel Terkait