@shutterstock

Lempuyang Bukan Herbal Biasa Lho

Indonesia punya banyak sekali tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan. Salah satunya adalah lempuyang. Dulu lempuyang sering diolah menjadi jamu dan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan seperti berikut ini.

Meningkatkan Nafsu Makan

Hampir semua tanaman herbal di Indonesia memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan anak-anak. Ketika si buah hati tidak selera makan atau sulit sekali disuruh makan, coba berikan segelas sari lempuyang parut. Tambahkan madu supaya rasanya lebih manis dan si kecil mau menghabiskannya. Kalau masih saja tidak mau meminumnya, berikan saja satu sendok setiap pagi. Dalam beberapa hari, nafsu makannya pasti kembali dan dia akan makan dengan lahapnya.

Menurunkan Berat Badan

Sedang mencari obat pelangsing? Minum saja lempuyang. Tanaman herbal ini sering menjadi rekomendasi para tukang jamu tradisional untuk Anda yang sedang mencari obat penurun berat badan. Kalau ingin mengolahnya sendiri di rumah juga boleh. Cukup parut lempuyang hingga halus. Tambahkan air lalu peras sampai sarinya keluar semua. Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit di mulut. Konsumsi secara rutin akan membuat berat badan turun dalam waktu singkat, asalkan diikuti dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga, makan makanan bergizi, dan tidak ngemil sembarangan.

Meredakan Masuk Angin

Minum lempuyang dua kali sehari bisa membantu meredakan masuk angin dan membuat tubuh makin bugar. Pertama-tama, bersihkan lempuyang lalu cuci hingga tidak ada lagi tanah yang menempel di bagian luarnya. Kupas dan parut sampai halus. Tambahkan sedikit air lalu peras sampai sarinya keluar semua. Buang ampas lempuyang dan masukkan dua sendok madu ke dalamnya. Aduk sampai tercampur rata dan siap untuk diminum.

Gampang kan? Sehat bisa di dapatkan dari mana saja termasuk tanaman herbal yang sering dipandang remeh dan terkesan kuno. Jika Anda masih mengalami masalah dengan cara pengolahan lempuyang, coba deh tanya nenek atau Ibu. Pasti mereka tahu resep yang tepat dan berkhasiat. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait