Lezatnya Sajian Menu Jawa di Dapur Solo

Kota Solo merupakan salah satu kota yang terkenal dengan adat jawanya yang masih kental dan ciri khas masakan Jawa Tengah yang menggoda. Namun, sekarang bagi Anda warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh pergi ke Solo untuk menikmati sajian khas Jawa. Cukup pergi ke Dapur Solo yang ada di Jakarta Selatan, tepatnya di jalan Panglima Polim 1.

Penasaran dengan restoran khas Jawa yang satu ini? Dilansir dari Reinhart Poli memaparkan hasil review tentang kelezatan menu jawa di Dapur Solo.

Rumah makan Dapur solo merupakan salah satu restoran yang berhasil menghidupkan dan mengenalkan kuliner khas Solo di tengah banyaknya restoran western di Jakarta. Diakui atau tidak, sebagian besar anak muda Jakarta tidak begitu mengenal makanan tradisional Indonesia dengan baik. Justru, mereka lebih mengenal masakan barat, seperti pasta, steak, lasagna, pizza dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya Dapur Solo, diharapkan masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda dapat lebih mengenal masakan nusantara. Ketika pertama kali masuk ke restoran ini, telinga Anda akan dimanjakan dengan alunan musik khas Jawa yang menyapa. Kemudian, desain dan furniture restoran  sangat identik dengan perabotan khas Jawa. Anda akan menemukan tirai dengan desain batik dan ukiran-ukiran kayu yang elegan.

Ada berbagai macam menu Jawa yang dapat Anda coba disini. Untuk menu best seller dari restoran ini adalah nasi liwet solo yang memiliki banyak sekali penggemarnya. Nasi liwet solo merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan juga kalsu ayam opor, sayur labu siam, potongan telur pindang, ati dan rempelo ayam rebus, telur kukus, tempe bacem, rambak dan areh yang membuat rasa nasi liwet ini menjadi lebih gurih lagi.

Untuk lebih menikmati nasi liwet ini makanlah potongan lauk dengan nasi putih satu per satu. Jangan dicampur menjadi satu karena akan mengurangi citarasanya. Hidangan ini sangat unik karena terdapat rasa manis, pedas, gurih dan segar dalam satu piring. Ternyata sangat jauh dari anggapan jika masakan khas Jawa Tengah selalu identik dengan rasa manis dan gurih.

Selain itu ada banyak masakan lain yang tak kalah lezatnya seperti bubur lemu, lontong cap gomeh, cabuk rambak, brambang asem, nasi langgi solo, selat solo, tengkleng kambing dan lain sebagainya.

Untuk minumannya, ada es dawet daun suji, wedang ronde, bandrek kelapa dan wedang uwuh. Wedang uwuh adalah minuman yang tersaji dalam keadaan hangat dan memiliki rasa manis dan pedas. Jika dilihat dari namanya wedang berarti minuman dan uwuh artinya sampah. Jadi wedang uwuh adalah minuman yang terlihat seperti sampah, karena terdiri dari dedaunan yang terlihat seperti sampah. Minuman ini sangat pas untuk musim hujan karena mempunyai khasiat mencegah masuk angin, menghangatkan badan, melancarkan peredaran darah dan membuat nyenyak tidur. Tampilannya tidak seperti "sampah" yang Anda pikirkan kok.

Selain makanan dan minuman, lidah Anda akan dimanjakan juga dengan beragam jajanan pasar khas jawa yang sayang sekali jika dilewatkan. Masih ingat dengan tiwul, cenil, grontol, sawut singkong dan ketan item? Ini adalah jajanan semasa kecil Anda bukan? Selain itu masih ada mendut, sosis solo, jadah londho, nagasari dan semar mendem.

Hmm, Anda tergoda untuk mengunjungi restoran dengan menu masakan khas Solo ini? Selamat memanjakan lidah Anda ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait