©shutterstock

Loncat Indah, Tetap Anggun Saat Berolahraga

Eits, siapa bilang olahraga identik dengan bau keringat dan badan yang dekil? Saat ini, sudah banyak cabang olahraga yang mengharuskan atletnya tampil cantik dan anggun. Salah satunya adalah loncat indah.

Olahraga ini pertama kali dipertandingkan di Inggris pada tahun 1905. Seorang atlet loncat indah dituntut untuk menyuguhkan gerakan akrobatik di udara yang kemudian dikombinasikan dengan loncatan. Biasanya, atlet akan mengawali lompatannya dengan take off dari papan dan baru masuk ke air setelah melakukan beberapa gerakan akrobatik di udara. Sayangnya, loncat indah tidak begitu populer di kalangan remaja. Tapi Anda bisa lho mengajari si kecil bagaimana melakukannya.

Latihan Dasar

Pelajaran pertama dalam loncat indah adalah melatih kelenturan tubuh si kecil.  Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti matras olahraga dan trampolin. Latihan dimulai dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan gerakan roll depan dan roll belakang. Setelah itu, lanjutkan dengan latihan jungkir balik untuk meningkatkan kelenturan otot serta keseimbangan si kecil.

Jika tubuh si kecil sudah siapa, dia bisa melangkah ke tingkat selanjutnya, yaitu melompat di atas papan. Ada 3 tingkatan papan yang bisa dicoba. Mulai dari 3 meter, 5 meter, dan 10 meter. Tapi untuk si kecil, latih saja di ketinggian yang paling aman. Baru nanti kalau sudah ahli, si kecil bisa mencoba di ketinggian 10 meter.

Risiko Cedera

Setiap olahraga pasti memiliki risiko cedera masing-masing. Rata-rata mengalami gangguan tulang dan kram otot. Namun kedua hal ini tidak boleh disepelekan karena kalau tidak segera diatasi bisa semakin parah. Jika Anda tidak begitu menguasai olahraga ini, coba masukkan si kecil ke kursus loncat indah. Di sana dia bisa belajar dari instruktur ahli dan juga keselamatannya lebih terjaga. Jika si kecil tekun maka kesempatan untuk mengharumkan nama bangsa lewat loncat indah akan terbuka lebar. Siapa sih yang tidak bangga kalau buah hatinya bisa mempersembahkan penghargaan terbaik pada negeri ini?

Kalau begitu, yuk segera ajak si kecil berlatih. Semoga sukses ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait