Makan Malam 30 Menit Bisa Mempererat Hubungan Keluarga

Jika bicara waktu bersama keluarga, tampaknya keluarga urban memiliki sedikit masalah dengan hal tersebut. Kesibukan yang padat dapat membuat waktu bersama keluarga semakin menipis. Untuk mempererat hubungan keluarga, meluangkan waktu untuk makan malam selama 30 menit bisa menjadi solusinya lho. Wah, kok bisa ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Meja makan adalah tempat yang sangat sakral bagi sebagian keluarga. Pasalnya, para orang tua bisa dengan mudah menjalin komunikasi dengan si kecil yang juga memiliki aktivitas sekolah yang padat. Gunakanlah kesempatan makan malam bersama untuk saling berbagi cerita, tertawa bersama dan saling memperhatikan satu sama lain.

Anda bisa memulai percakapan tentang topik yang menarik bagi si kecil, seperti kegiatan sekolahnya, les musik atau hobi baru yang gemarinya. Dengan begitu, si kecil akan mudah terpancing untuk bercerita lebih banyak.  Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan perkembangan si kecil di luar rumah.  Michelle Trujillo seorang guru sekaligus penulis buku Why Can't We Talk?: What Teens Would Share if Parents Would Listen menyampaikan tidak hanya menjadi teman bicara Anda juga harus menjadi pendengar yang baik

Saat si kecil membicarakan sesuatu yang kurang berkenan bagi Anda, jangan langsung marah atau memotong penjelasannya. Dengarkan dengan baik arah pembicaraannya, dengan begitu Anda akan mengenal cara berpikirnya dengan lebih baik. Arahkan jika pemikirannya kurang tepat dan pujilah jika dia menceriakan tentang prestasinya di sekolah. Agar tidak mengganggu makan malam keluarga, usahakan untuk mematikan televisi dan ponsel pintar Anda yang sering berdering itu. Usahakan untuk fokus bersama keluarga saja.

Makan malam bersama keluarga tidak harus membuat menu yang istimewa kok. Karena, hal yang terpenting di sini adalah mempererat hubungan bersama keluarga. Walaupun, sayuran dan menu sehat harus ada untuk disajikan. Pada kesempatan ini Anda juga bisa mengajarkan si kecil tentang cara makan yang benar dan mengawasi selera makannya, seperti apakah si kecil makan banyak sayuran dan buah.

Hanya dalam waktu 30 menit saja, Anda seperti telah melewati banyak hal bersama si kecil kan? Biasakan untuk meluangkan waktu Anda untuk makan malam bersamanya ya, karena hal ini sangat penting bagi perkembangan psikologisnya. Setiap anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Selalu ingat hal itu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait