Makna Appetizer dan Dessert Dalam Sajian

Saat makan di restoran Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan pembuka (appetizer) dan hidangan penutup (dessert). Cara penyajian makanan seperti ini memang bukanlah budaya di Indonesia. Tapi, apakah makna di balik penyajian makanan tersebut?

Cara penyajian menggunakan makanan pembuka dan penutup merupakan pilihan dari Anda sendiri yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan selera. Untuk lebih tahu mengenai cara penyajian ini, yuk kenali alasan kebiasaan bersantap multi hidangan yang berikut ini.

Kebiasaan bersantap multi hidangan ini dipelopori oleh hidangan Eropa khususnya Prancis. Dalam hidangan Prancis klasik terdapat lima sampai tujuh jenis hidangan bahkan lebih. Hidangan tersebut terdiri dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course) dan hidangan penutup (dessert).

Bagi mereka, bersantap adalah suatu perayaan yang harus disajikan dengan istimewa dan tentunya mewah. Tidak heran, karena banyaknya hidangan dalam satu sesi akan membutuhkan waktu hingga lebih dari dua jam lamanya. Untuk makna appetizer dan dessert dalam penyajian makanan ala Eropa sendiri adalah sebagai berikut.

Appetizer

Adalah hidangan pembuka yang bertujuan untuk menggugah selera makan. Biasanya hidangan ini disajikan dalam porsi kecil, rasa yang enak, ringan dan menyegarkan. Hidangan yang biasanya digunakan sebagai appetizer adalah sup, salad ayam, coktail, atau sandwich kecil.

Dessert

Adalah sajian akhir yang bertujuan untuk menghilangkan rasa hidangan menu utama atau biasa disebut dengan hidangan pencuci mulut. Dessert biasanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa amis atau bumbu yang kuat pada menu utama. Menu dessert umumnya adalah cake, pie, ice cream, atau puding.

Menariknya adalah semua hidangan dalam satu sesi telah diperhitungkan baik porsi maupun kandungan nutrisinya. Sehingga, Anda tidak akan kekenyangan dan dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh dengan baik. Variasi hidangannya pun telah diperkirakan dengan baik agar tidak bosan saat menyantapnya.

Jika dibandingkan dengan makanan ala Asia, mungkin sedikit mirip dalam penggunaan makanan penutupnya. Sebagian orang suka memakan buah, puding atau ice cream sebagai menu penutup untuk menghilangkan rasa amis menu utama.

Anda ingin mencoba santapan multi hidangan juga di rumah? Selamat mencoba cara makan ala Eropa ya. Semoga menginspirasi. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait