©shutterstock

Manfaat Alpukat Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat

Siapa yang tak kenal dengan buah alpukat? Rasanya yang enak, lembut dan cocok disajikan dalam segala bentuk hidangan membuat alpukat selalu nikmat di santap. Bagi ibu-ibu, alpukat menjadi salah satu buah yang dapat disajikan untuk si kecil. Tahukah Anda, di balik rasanya yang begitu digemari oleh anak-anak, alpukat ternyata menyimpan banyak manfaat.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama yang bisa diperoleh saat Anda memberikan alpukat secara rutin buat si kecil adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Ahli gizi dari Washington DC, Anne Mauney, mengatakan alpukat mengandung lemak terlarut yang cukup tinggi. Lemak ini dapat mengurangi kadar kolesterol yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Anti-inflamasi

Selain memiliki manfaat yang cukup baik untuk mendukung kesehatan jantung, alpukat juga memiliki peranan yang amat penting sebagai anti-inflamasi pad tubuh. Laura flores, ahli gizi dari San Diego, menjelaskan alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Zat-zat ini membantu daya tahan tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari peradangan.

Mengontrol kadar gula darah

Di era modern seperti ini, kebiasaan makan yang buruk mudah sekali mempengaruhi kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Banyaknya lemak sehat dalam alpukat dapat membantu produksi hormon insulin. Hormon inilah yang pada akhirnya bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap normal.

Menjaga kesehatan mata

Keistimewaan lain dari buah ini terletak pada kandungan lutein. Zat ini merupakan penyusun vitamin A yang tak lain memilki fungsi menjaga kesehatan mata.

Alpukat berukuran sedang atau yang memiliki berat 30 gram mengandung kalori sebanyak 50 kalori. Sekali memakan alpukat dengan bobot tersebut, tubuh akan menerima karbohidrat sebanyak 3 gram dan lemak sehat sebanyak 4,5 gram. Bukan hanya itu, dalam satu kali sajian alpukat berukuran sedang bisa menyumbangkan kebutuhan harian vitamin A sebanyak 4 %, vitamin C sebanyak 4 %, serat 4 % serta zat besi sebanyak 2 %.

So, jangan sampai lupa menyajikan alpukat buat si kecil hari ini ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait