Manfaat Kebaikan Sarapan Bisa Hilang Dalam Sekejap Jika Lakukan Kesalahan Berikut Ini

Seperti yang kita ketahui, sarapan menjadi waktu makan paling penting setiap harinya. Namun sayangnya karena berbagai alasan seperti terburu-buru atau bangun kesiangan, sarapan pun sering dilakukan secara sembarangan. Akibatnya, manfaat sehat sarapan pun lenyap.

Untuk itu, Ibu perlu mengetahui beberapa hal berikut ini demi menghindari kesalahan saat sarapan yang dapat menghilangkan manfaatnya.

 

Buah Dijadikan Jus

Saat bangun tidur, tubuh memang membutuhkan cairan yang dapat membantu keseimbangan cairan dalam tubuh sepanjang hari. Minum jus buah di pagi hari memang sangat menyegarkan. Namun saat buah diubah menjadi jus, maka kandungan vitamin dan serat yang baik untuk proses metabolisme tubuh akan rusak sehingga berkurang manfaatnya dan secara tak langsung akan membuat proses pencernaan lebih lambat.

Apalagi jika Ibu mengonsumsi jus dalam kemasan, yang terkandung di dalamnya hanyalah kandungan air dan gula yang tinggi. Jadi Bu, sebaiknya konsumsi buahnya saja secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

 

Porsi Sarapan Terlalu Sedikit

Porsi sarapan yang terlalu sedikit bukan berarti akan membuat berat badan Ibu turun. Ini adalah kesalahan lainnya saat sarapan, karena makan dengan porsi sedikit tidak akan memenuhi kebutuhan energi seharian. Maka dari itu sebaiknya lupakan mengonsumsi sarapan dengan porsi yang “mini” ya Bu, karena hal tersebut ternyata dapat membuat Ibu menjadi kalap saat makan siang dan makan malam. Padahal pada waktu tersebut metabolisme tubuh sedang menuju waktu istirahat, makanya tak heran jika berat badan tubuh Ibu akan meningkat.

 

Asal Memilih Menu Makanan

Karena sarapan merupakan waktu makan yang paling penting, jadi sebaiknya tidak boleh asal memilih menu untuk sarapan ya Bu. Terlebih lagi jangan asal kenyang saja, tapi yang paling penting adalah kecukupan nutrisinya. Di tengah kesibukan pagi hari, tak jarang Ibu memilih mengonsumsi sarapan yang mudah untuk didapat, contohnya seperti gorengan, mie instan, donat, kue bolu, dan lainnya.

Sebaiknya Ibu hindari makanan tersebut saat sarapan, karena mengandung karbohidrat tinggi dan memicu tumbunan lemak di bagian tubuh yang tidak diinginkan. Tak hanya itu, secara tak langsung makanan tersebut juga memaksa pencernaan untuk bekerja terlalu keras. Padahal di malam hari organ tubuh sudah bekerja sangat keras untuk proses detoksifikasi.

Pilihlah asupan yang tepat dengan mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan roti gandum, jangan lupa tambahkan asupan protein serta sayur dan buah ke dalam menu sarapan ya Bu, agar kebutuhan gizi harian terpenuhi.

Baca Juga: 8 Sarapan Pagi Populer yang Tidak Baik Untuk Kesehatan

 

Sarapan Bersifat Prasmanan

Sarapan yang bersifat prasmanan memang sangat menggugah selera ya? Namun menurut Dr. Lisa Davis, Vice President of Scientific and Clinical Affairs at Medifast, dengan banyaknya pilihan makanan justru akan membuat Ibu ingin makan ini dan itu, lebih dari porsi yang diperlukan untuk sarapan. Untuk sarapan yang bersifat prasmanan, Ibu bisa pilih scrambled egg, oatmeal atau sereal dengan susu, serta buah dan sayur. Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan asupan nutrisi seharian.

Jangan sampai Ibu terlalu kekenyangan saat sarapan ya Bu. Selain akan membuat berat badan naik, makan terlalu banyak juga akan mengantuk seharian karena kekenyangan. Makanlah dengan porsi yang wajar dan secukupnya.

 

Melupakan Air Putih

Air putih adalah minuman terbaik di pagi hari. Jangan lupa untuk terlebih dahulu minum segelas air putih hangat, sesaat setelah bangun tidur dan sebelum mulai makan sarapan. Pastikan suhu air minum lebih hangat untuk menyegarkan tenggorokan. Kebiasaan ini dapat membantu menjaga Ibu tetap terhidrasi, membantu kerja sistem pencernaan, menjaga kesehatan lambung dan memberikan perasaan kenyang.

 

Terlampau Siang
Hentikan kebiasaan menggabungkan waktu sarapan dengan makan siang. Hal ini  sangat tidak baik untuk tubuh, karena semakin lama menunggu untuk sarapan, tubuh merasa semakin lapar dan akan lebih sulit untuk merasa kenyang. Untuk dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh setelah berisitirahat panjang saat malam hari, sebaiknya sarapan dilakukan satu jam setelah bangun tidur ya Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait