Manfaat Menjadi Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian adalah salah satu pilihan hidup sehat. Sebagian orang memilih menjadi vegetarian karena berbagai alasan, salah satunya untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat kesehatan menjadi seorang vegetarian, sehingga seorang vegetarian sangat konsisten dan bertahan dengan pola hidup sehat yang mereka jalani ini.

 

Berat Badan Tetap Terjaga

Kandungan antioksidan dan serat yang tinggi dalam sayuran bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh dan berkhasiat untuk menjaga berat badan seseorang. Sehingga tak heran jika pola makan seorang vegetarian sangat baik dilakukan jika Ibu sedang berdiet. Seperti yang diutarakan oleh sebuah studi yang dilakukan di Oxford University, yang menemukan bahwa indeks massa tubuh pemakan daging-dagingan lebih tinggi daripada mereka yang vegetarian. Selain itu, risiko kenaikan berat badan seorang vegetarian tercatat lebih rendah selama 5 tahun penelitian.

Menurunkan Resiko Kanker

Sayuran dan buah merupakan menu makanan sehat yang mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin sangat berguna bagi kesehatan, yakni untuk meningkatkan imunitas dan mencegah berbagai jenis kanker. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research yang menyatakan bahwa menjadi vegetarian bisa mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium. 

Sehatkan Pikiran
Selain bermanfaat untuk tubuh, menjalani pola makan vegetarian dengan menu makanan sehat juga baik untuk kesehatan pikiran. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology terhadap 300 orang dewasa yang menjalani pola hidup sehat menjadi vegetarian, menemukan bahwa asupan menu makanan sehat berupa sayuran dan buah juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, perasaan yang lebih tenang dan bahagia, serta dampak positif pada suasana hati lainnya.


Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Sayuran merupakan salah satu menu makanan sehat yang mengandung mineral dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi sayuran segar, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs yang menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut. 

Meningkatkan Hormon Seksual

Sebuah studi yang dilakukan di Ceko menyatakan bahwa bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dibanding mereka yang sering memakan daging. Buah stroberi, kacang almond, ubi, dan semangka, adalah menu makanan sehat yang dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seksual pada tubuh. Selain itu, kualitas sperma seorang vegetarian juga lebih baik.

Melancarkan Pencernaan

Menjadi seorang vegetarian, kerja usus dan lambung pun tidak terlalu berat dalam mengolah makanan, sehingga seorang vegetarian bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, hingga risiko penyakit yang lebih parah seperti wasir dan kanker usus.

Terhindar Dari Racun Hewani

Tahukah Ibu, ternyata daging yang dijual di pasaran sering kali berasal dari hewan yang disuntik dengan hormon agar menghasilkan daging yang lebih banyak. Hormon tersebut bisa ikut masuk ke dalam tubuh kita dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait