Manfaat Menyediakan Susu Saat Sarapan untuk Kesehatan Anak

Sarapan merupakan kesempatan bagi Ibu dalam membantu anak-anak memulai hari dengan tepat, salah satunya adalah melengkapi sarapan dengan memberikan segelas susu. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, sehingga susu sangat cocok untuk dijadikan ke dalam menu sarapan sehat. Susu mengandung banyak nutrisi baik untuk mendukung tumbuh kembang anak dan baik untuk kesehatan.

Agar tumbuh kembang anak bisa berjalan secara optimal, maka anak harus diberikan asupan protein yang cukup. Salah satu sumber protein terbaik bagi anak adalah susu. Protein membantu pertumbuhan tulang, otot dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi sayangnya banyak orang mengurangi asupan protein sehari-hari, apalagi saat sarapan, sehingga tak heran ketika jam 10 pagi ibu pun sudah merasa lapar lagi, seperti diungkap oleh penelitian University of Kentucky, Lexington, Amerika Serikat.

Minum susu saat sarapan di pagi hari dapat membantu anak-anak mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk melewati berbagai kegiatan setiap hari. Menurut Dr Amanda Powell, Medicine Endocrinology, Diabetes and Nutrition Department di Boston Medical Center, susu mengandung sembilan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu kalsium, protein, kalium, magnesium, fosfor, vitamin D, Vitamin B12, Vitamin A, dan Vitamin B2.  Kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam susu akan membantu pertumbuhan tulang si kecil menjadi lebih optimal. Minum susu saat sarapan adalah waktu yang tepat, karena dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Vitamin D dalam susu yang akan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Manfaat susu akan terasa optimal jika diminum secara teratur. Oleh karena itu, The Dietary Guidelines for Americans (DGA) merekomendasikan agar Ibu memberikan susu untuk anak usia balita sebanyak 2 hingga 3 gelas per harinya, dan umur 4-8 tahun direkomendasikan untuk meminum sebanyak 2,5 cangkir. Tak hanya anak-anak, ternyata remaja dan dewasa juga dianjurkan untuk meminum susu setiap harinya, yakni sebanyak 3 cangkir.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis Susu

 

Dengan menyiapkan susu saat sarapan, Ibu juga sekaligus mengajarkan kebiasaan gaya hidup sehat kepada si kecil. Jadikan minum susu sebagai ritual wajib untuk si kecil. Anak-anak yang terbiasa mengonsumsi susu saat sarapan akan membawa kebiasaan sehatnya ini sampai usia tua. Orang-orang usia lanjut yang sering mengonsumsi susu sejak dini juga lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Namun perlu diingat ya Bu, meskipun susu termasuk dalam menu makanan sehat dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, tapi susu bukanlah makanan utama. Menurut dr. Endang D. Lestari, SpA(K), MPH, Ketua UKK Gizi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), susu sebaiknya hanya sebagai pelengkap nutrisi yang tidak didapatkan anak melalui makanan utama. Si kecil tetap harus mendapat asupan makanan yang padat, seperti karbohidrat, sayuran, dan buah-buahan agar fungsi ususnya bisa berjalan normal dan optimal.

Jadi, lebih baik Ibu tambahkan asupan makanan lain sebagai sebagai pendamping susu saat sarapan, misalnya saja sereal. Namun jika si kecil tidak mau minum susu, Ibu bisa memberinya dalam makanan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar susu, misalnya cream soup, atau soufflé.

Share artikel ini:

Artikel Terkait