Manfaat Vitamin dan Mineral dalam Sarapan Pagi

Gizi seimbang merupakan bagian penting dari pola hidup sehat. Tapi, apa sih yang dimaksud dengan gizi seimbang? Dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 36/2009 pasal 141 ayat 2 tentang kesehatan disebutkan bahwa gizi seimbang adalah asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan seseorang untuk mencegah risiko kelebihan gizi atau kekurangan gizi. Pemenuhan gizi harian melalui gizi seimbang ini sendiri dapat diperoleh dari 3 kali makan utama dan 2 kali selingan. Karenanya, menu sarapan pagi pun perlu mencakup gizi seimbang dimana terdapat karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin, mineral dan air. Tahu kah bu, selain untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, vitamin dan mineral juga memberikan berbagai manfaat penting, lho.

Dilansir dari depkes.go.id, sayur dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat, dimana sebagian dari jenis vitamin dan mineral tersebut dapat membantu proses metabolisme tubuh dan berguna sebagai antioksidan yang mampu menangkal senyawa-senyawa hasil oksidasi, radikal bebas, yang mampu menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Selain sayuran hijau, sayuran berwarna lain seperti bayam merah, kobis ungu, terong ungu, wortel, tomat merupakan sumber antioksidan. Sedangkan untuk buah-buahan, buah berwarna hitam, ungu, dan merah selain sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat juga dikenal mengandung antioksidan. Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran dalam kondisi mentah atau dimasak dengan air yang sedikit untuk menjaga kandungan vitamin C di dalamnya.

Selain memberikan perlindungan bagi tubuh, vitamin dan mineral yang terdapat pada menu sarapan pagi juga dibutuhkan untuk mendukung tubuh bekerja secara optimal saat melakukan aktivitas fisik. Vitamin dan mineral juga penting untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, membantu metabolisme karbohidrat dan protein, serta dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Misalnya kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang dan vitamin B6 yang dibutuhkan otak untuk fokus dan meningkatkan daya ingat. Setiap jenis vitamin dan mineral mempunya manfaat masing-masing yang penting bagi tubuh kita.

Vitamin dan mineral bisa didapat dari berbagai jenis pangan yang dapat Ibu olah menjadi menu sarapan pagi yang lezat, bisa menjadi bahan utama seperti menu Rainbow Veggie Tamagoyaki atau sebagai menu pelengkap yang bergizi seperti Kiwi Mango Smoothies. Yuk, temukan berbagai menu sarapan bergizi dan menarik lainnya yang kaya vitamin dan mineral di sini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait