©shutterstock

Manjakan Lidah dengan Beragam Menu Organik di Warung Kebunku

Naiknya ketertarikan masyarakat terhadap makanan sehat membuat pamor sayur dan buah organik mulai populer. Bicara soal makanan organik, ada restoran yang khusus menyediakan berbagai menu makanan berbahan dasar organik, yaitu Warung Kebunku yang ada di Jalan Terogong Raya Nomor 11, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Meski namanya warung, tempat makan ini banyak diminati pengunjung lokal maupun mancanegara.

Didirikan pada tahun 2012 oleh pasangan Nectaria Ayu Wulandari dan Daniel Chrisna Tejokusumo, nama Warung Kebunku ini dipakai karena menyajikan hasil petik dari kebun organik milik sendiri di Gadog, Jawa Barat. Sayur maupun buah ditanam dengan sistem organik, tanpa pupuk kimia dan pestisida, serta menggunakan air pegunungan yang masih terjamin kebersihannya.

Menu-menu khas Indonesia dijadikan andalan Warung kebunku, seperti makanan paling populaer yaitu gado-gado. Sekilas penampilannya tidak berbeda dari gado-gado pada umumnnya. Ada lontong dan berbagai jenis sayuran organik seperti labu siam, pare, kol, bayam, mentimun, kentang rebus, selada, hingga jagung manis. Saus kacang yang digunakan pun berasal dari kacang tanah organik dan gula kelapa murni. Bagi yang alergi kacang, juga disediakan saus dari bahan kentang. Emping yang menjadi pelengkap tidak dibuat dari melinjo tapi dari umbi garut. Jadi pengunjung dapat menyantapnya tanpa rasa khawatir akan risiko penyakit asam urat.

Ada pula sayuran organik yang dikombinasikan dengan daging ayam probiotik, kikil, dan daging sapi. Seperti mie kikil abang yang menggunakan pewarna merah alami dari buah bit, atau bakso bintik yang terbuat dari daging dan jamur kuping. Bahan bakunya diambil dari pemasok lokal yang dikirim setiap hari dalam keadaan segar, termasuk telur ayam yang menjadi pelengkap menu gado-gado. Restoran ini juga tidak menggunakan bahan penyedap dan membatasi pemakaian garam. Rahasianya terletak pada penggunaan kaldu jamur yang menghasilkan cita rasa gurih.

Selain makanan berat, Anda juga bisa menyantap asinan buah, yang terdiri dari mentimun, nanas, salak, kedondong, dan bengkuang. Uniknya, rasa asam didapat dari cuka pisang, sehingga lebih ringan tapi tetap menyegarkan. Ada juga rujak buah dengan bumbu dari kacang organik sangrai dan gula kelapa murni. Es puter yang segar dan menggugah selera terbuat dari kelapa kopyor dan irisan nangka organik yang cukup berlimpah.

Puas makan, Anda juga bisa berbelanja aneka sayuran, buah, dan bahan pangan organick lainnya, seperti mi singkong, ketan hitam atau putih, beras, mi instan organik, ayam kampong dan ayam probiotik, gula aren, kacang hijau, tepung mokaf, dan madu. Yuk kunjungi Warung Kebunku sekarang juga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait