Mari Praktikan 5 Pose dan Manfaat Yoga Untuk Anak Ini Yuk!

Ibu tidak punya cukup waktu untuk mengikutsertakan si kecil dalam kelas yoga? Kini, ibu dapat melakukannya sendiri bersama buah hati di rumah, karena manfaat yoga bisa dirasakan di mana saja bahkan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. 

Tina Maladi, instruktur yoga sekaligus pendiri Kids Yoga Jakarta, akan memaparkan gerakan dasar-dasar yoga yang mudah dilakukan di rumah. Ibu tak perlu khawatir si kecil akan merasa bosan karena kegiatan dan manfaat yoga yang satu ini dijamin akan terasa menyenangkan. Gerakan yoga untuk anak dirancang agar menarik, namun tetap bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Pose-pose dalam yoga pun kebanyakan terinspirasi dari alam dan lingkungan di sekitar anak.

Jadikan yoga bersama anak sebagai rutinitas. Ibu hanya memerlukan waktu sekitar 15-30 menit, dan ini benar-benar waktu berkualitas yang menyenangkan yang dihabiskan bersama anak untuk merasakan manfaat yoga. Yuk, ajak si kecil untuk lakukan 5 gerakan yoga untuk anak yang bisa Anda dan si kecil lakukan dengan mudah berikut ini.



1. Pose Nafas Balon
Buka tangan ke samping lalu taruh telapak tangan menghadap ke atas. Tarik napas perlahan lalu arahkan tangan ke atas seperti membuat balon. Buang napas, turunkan tangan ke samping. Lakukan teknik pernapasan (Pranayama) ini sebanyak 3—5 kali. Manfaat yoga ini baik untuk meningkatkan kualitas bernapas anak.

 

2. Pose Sapi dan Kucing

Pose ini merupakan latihan untuk 'pemanasan'. Manfaat yoga ini baik untuk tulang belakang secara keseluruhan. Anak-anak akan menyukainya karena menyenangkan, mudah dan efektif. Postur ini sangat baik untuk meregangkan otot-otot si kecil. Caranya, letakkan tangan dan lutut di lantai. Sambil tarik napas perlahan, turunkan punggung dan angkat kepala sambil mengeluarkan bunyi “mooo…” layaknya seekor sapi.

Untuk pose yoga menyerupai kucing, letakkan tangan dan lutut di lantai sambil buang napas lalu angkat punggung seperti kucing yang sedang meregangkan otot tubuhnya. Lakukan 5 kali postur ini secara perlahan sambil atur napas.

 

Baca Juga: Yoga Bersama Keluarga

 

3. Pose Anjing
Pose yoga ini menyerupai anjing yang terbangun dari tidurnya. Caranya letakkan tangan dan lutut di lantai lalu tarik napas perlahan, luruskan kedua kaki, hembuskan napas, dan arahkan pandangan ke arah lutut. Salah satu manfaat yoga ini adalah menenangkan pikiran dan emosi. Ibu dan si kecil bisa melakukannya setiap saat atau sepanjang hari.

 

4. Pose Pohon
Ajak si kecil berdiri dengan tegak lalu tarik napas perlahan. Setelah itu letakkan telapak kaki di samping kaki yang tegak lurus seperti akar pohon yang kokoh. Hembuskan napas perlahan dan letakkan kedua telapak tangan saling menempel di atas kepala. Manfaat yoga dengan memusatkan perhatian ke arah depan adalah untuk melatih fokus dan keseimbangan. Ulangi untuk kaki yang satu lagi.

 

5. Pose Buah
Sebagai penutup, pose yoga ini dilakukan sebagai meditasi. Ibu bisa menggunakan media buah seperti jeruk atau apel, lalu berikan untuk si kecil. Letakkan buah di kedua telapak tangan si kecil dan dekatkan ke arah wajahnya. Ajak si kecil untuk memusatkan perhatian pada buah tersebut, rasakan bentuk dan juga tekstur buah. Gunakan indra penciuman dan rasakan harumnya. Pejamkan mata perlahan dan ajak si kecil untu membayangkan proses panjang dari mana buah ini berasal, mulai dari proses pertumbuhannya, panen, dijual ke pasar dan dibeli, hingga sampai ke tangan Anda. Manfaat yoga ini baik untuk mengajarkan si kecil berterima kasih dan bersyukur karena bisa menikmati buah lezat nan sehat ini. Mari nikmati buahnya. Nyaaam!
 

Akhiri dengan Namaste.

Share artikel ini:

Artikel Terkait